Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

MENGAPA HARUS MENGGUNAKAN UPS ( Uninterruptible Power Supply ) ?

Sumber daya utama di dunia adalah listrik. Semua alat elektrikal memerlukan listrik, mulai dari pabrik, perkantoran, medical, system telekomunikasi bahkan rumah tangga memerlukan listrik. Namun sumber daya utama ini tidak selalu dalam kondisi baik saat diterima oleh perangkat elektrikal. 

Ada beberapa jenis gangguan yang sering terjadi pada listrik, diantaranya adalah :

1.  Surge/Spike ( tegangan naik hingga di atas 110% dalam waktu cepat dan sesaat )
2.  SAG ( tegangan turun hingga dibawah 80% dalam sesaat )
3.  Overvoltage / Undervoltage ( tegangan naik atau turun yang dapat berlangsung lama )
4.  Line Noise ( gangguan pada bentuk gelombang voltase )
5.  Black out ( biasa disebut dengan pemadaman listrik )

Jika tidak di antisipasi gangguan-gangguan tersebut bisa mengakibatkan kerusakan, kegagalan fungsi alat elektrikal bahkan yang lebih ekstrim adalah terbakarnya perangkat elektrikal.

Motherboard.jpg Saat ini, menggunakan UPS ( Uninterruptible Power Supply ) merupakan salah satu cara terbaik dalam mengantisipasi gangguan-gangguan listrik tersebut. Mengapa? Karena UPS dapat meminimalisir kerusakan yang terjadi pada perangkat elektrikal yang ditimbulkan oleh gangguan-gangguan tersebut. contohya saat anda menggunakan PC/ Komputer ketika tiba-tiba terjadi Black Out ( Pemadaman Listrik ) maka dengan adanya UPS  dapat di shut down secara normal untuk menjaga perangkat elektrikal anda dari kerusakan komponen-komponen pada PC terutama pada motherboard nya.

penggunaan UPS  juga sangat bermanfaat ketika terjadinya pemadaman listrik secara tiba-tiba, sehingga resiko kehilangan data pekerjaan atau data penting lainnya yang belum sempat tersimpan ketika kita menggunakan computer /PC dapat dihindari. Perangkat UPS  yang baik kualitasnya adalah UPS yang sudah dilengkapi oleh AVR ( Automatic Voltage Regulator ), AVR berfungsi sebagai regulator tegangan yang masuk kemudian dikeluarkan dalam bentuk gelombang output yang sama baiknya dengan PLN.

UPS banyak beredar di pasaran, dengan berbagai type dan fitur yang diberikan. Ada beberapa type UPS  diantaranya Line Interactive, Online dan Offline.

pure-sine-wave.jpg Type UPS yang baik adalah type Online dengan output Puresinewave. UPS  type Online  memberikan pasokan daya tanpa jeda dikarenakan UPS type ini menyimpan daya pada battery yang diteruskan pada inverter sebagai output. UPS jenis ini banyak digunakan untuk memback up mesin-mesin industri, rumah sakit, telekomunikasi dan perkantoran karena terbukti kinerja nya lebih baik di banding jenis UPS jenis lain.

Arakawa UPS bisa menjadi solusi untuk masalah tersebut. UPS Arakawa telah terbukti ketangguhannya serta telah digunakan oleh sebagian besar perusahaan-perusahaan besar dari berbagai macam industri. Harga UPS arakawa dijamin ekonomis selain itu UPS Arakawa memiliki daya tahan yang sangat lama. Arakawa selalu berusaha untuk mengikuti update dengan tekhnologi-tekhnologi terkini dengan jaminan ketersedian sparepart dan garansi UPS selama 1 tahun.


Penulis : Sari Narulita
Editor : Takiyudin

Ups

Banner Arakawa 2