Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Mengenal AVR (Automatic Voltage Regulator ) Pada Genset

Editor: Rosyid
Mengenal AVR (Automatic Voltage Regulator ) Pada Genset - Penggunaan Genset untuk kebutuhan pasokan listrik sangat penting untuk kebutuhan bisnis dan rumahan, tidak jarang juga berbagai orang menggunakan genset karena adanya pemadaman listrik PLN, jika Anda menggunakan genset untuk memenuhi kebutuhan pasokan listrik, mungkin akan dihadapkan dengan AVR Generator yang harus diketahui.

Automatic Voltage Regulator (Regulator Tegangan Otomatis). Fungsinya yaitu untuk menstabilkan atau menyeimbangkan tegangan listrik. Dengan bantuan AVR, genset tidak akan mengalami lonjakan tegangan yang bisa merusak perangkat listrik.

Genset dapat mengontrol hal ini dengan cara memasang pengatur tegangan otomatis karena fluktuasi tegangan dapat terjadi di berbagai tempat. Pabrikan kini sudah menyediakan genset yang sudah dilengkapi dengan AVR saat anda membeli genset baru, hal ini juga tergantung pada model atau asesoris yang didapat pada saat membeli genset tersebut, dan. masing-masing genset juga memiliki jenis AVR-nya masing-masing.

Genset tanpa sangat berbahaya dan tidak memenuhi syarat, karena lonjakan tegangan yang dihasilkan tidak dapat didistribusikan dengan baik .

Fungsi AVR
  1. Mengontrol tegangan generator dan menstabilkanya
  2. Beroprasi sebagai mesin untun menjaga kestabilan tegangan
  3. AVR mengontrol tegangan berlebih yang terjadi karena kehilangan beban secara tiba-tiba.
  4. Saat bgeban berubah, AVR mengubah beban sistem eksitansi untuk menjaga voltase tetap sama.
  5. Selama fluktuasi ekstrim, AVR tetap tenang dan tidak memberikan tanggapan, dengan hal ini tegangan tetap stabil dan konstan.

Kami menyimpulkan bahwa AVR ( Automatic Voltage Regulator ) adalah bagian penting dari sebuah generator. Tanpa itu, generator rentan terhadap kekurangan daya dan oercikan api, Karena tidak adanya AVR, tegangan listrik yang dihasilkan tidak stabil, dari ketidakstabilan tersebut maka dapat mempengaruhi kinerja generator tersebut dan listrik yang dihasilkan oleh generator dapat merusak alat elektronik anda.

Jadi alangkah baiknya jika Anda selalu lebih memilih AVR yang berkualitas. Ini akan memastikan bahwa generator bekerja untuk waktu yang lama,  bahkan beban atau suhu operasi berubah. AVR akan melindungi fungsi agar tidak terganggu. Dan akan memberikan yang terbaik untuk tidak merusak peralatan listrik yang terpasang padanya.

Bagai mana jika ada kerusakan terhadap AVR ?
Seperti yang kita bahas di atas, Automatic Voltage Regulator atau AVR adalah bagian penting dari sebuah Generator. Jika AVR rusak, maka hal yang buruk akan terjadi. Salah satunya adalah tegangan pada genset yang akan berubah-ubah dan tidak stabil. Jika ini terjadi, bisa berimbas buruk bagi peralatan-peralatan elektronik Anda. Seperti kulkas, tv hingga laptop. Inilah mengapa menjaga AVR agar tetap pada kondisi yang bagus dinilai sangat penting sekali. Jika memang AVR rusak, ada beberapa hal yang bisa Anda cermati. Bisa dicoba untuk membersihkan bagian kumparan trafo pada bagian AVR yang dilewati carbonbush. Pembersihan ini bisa Anda lakukan dengan alat kuas dalam keadaan keadaan bersih. Jangan lupa juga untuk membersihkan lilitan kawat tembaga. Lalu longgarkan baut pengunci lengan, kemudian bisa tekan pada arah kumparan trafo hingga kencang.

Kami PT. Indotara Persada adalah perusahaan distributor Genset terbaik dengan Brand Iwata (Jepang) dan kita menyediakan Teknisi untuk kebutuhan Maintenance Genset Anda.