Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

MENGENAL BESARAN DAN SATUAN LISTRIK UNTUK MENENTUKAN PRODUK

besaran listrik, satuan listrik, jenis listrik

BESARAN LISTRIK DAN SATUAN LISTRIK - Banyak dari kita yang belum paham betul dengan listrik yang kita gunakan sehari-hari, bahkan tentang hal dasar sekalipun. Hal ini akan membuat kita kesulitan untuk menentukan besaran listrik dan satuan listrik dari sebuah produk yang menjadi kebutuhan kita. Ada pengalaman saya saat menjadi sales banyak customer yang tidak paham tentang produk yang mereka cari, dalam kasus ini banyak ditemukan perempuan tapi kaum adam pun juga ada yang masih bingung tentang spesifikasi kelistrikan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.


Baca Juga : JENIS UPS BERDASARKAN BENTUKNYA
BEBERAPA MASALAH KERUSAKAN PADA UPS
3 PART YANG SERING MENGALAMI KERUSAKAN PADA UPS

Sebelum membeli produk tentu kita menentukan spesifikasi seperti apa yang akan kita butuhkan, kemudian kita mempelajari spesifikasi dari setiap produk dan memilih salah satu yang paling tepat atau yang paling sesuai dengan kebutuhan. Selain spesifikasi yang sesuai tentu harga juga perlu dipertimbangkan. Harga memang tidak pernah berbohong tapi kita kan lebih bijak jika membandingkan produk yang satu dengan yang lainya. Garansi dari sebuah produk juga sangat penting, pastikan produk yang kita akan beli bergaransi dan proses klaim garansi dapat dilakukan dengan mudah. Banyak toko yang menjual produk berkualitas tapi tidak banyak dari mereka yang mempunyai layanan after sale yang baik, pastikan toko yang menjual mempunyai layanan after sale yang baik dan sudah berpengalaman agar ketika kita ada masalah dapat segera diatasi

Berikut adalah info dasar mengenai listrik yang akan membantu kita dalam memilih sebuah produk :

1.

BESARAN LISTRIK DAN SATUAN LISTRIK - Listrik di tempat kita 1 Phase atau 3 Phase?

Ini adalah hal terpenting sebelum memilih perangkat elektronik, UPS misalnya. Lihat dulu berapa phase listrik ditempat kita apakah 1 phase 220Volt atau 3 Phase 380Volt, biasanya untuk rumah tangga menggunakan listrik 1 phase (Dapat dilihat di MCB, jika terdapat satu buah berarti 1 phase) karen di rumah tangga tidak membutuhkan power yang besar. Jika di sebuah gedung perkantoran atau pabrik biasanya menggunkan listrik 3phase. Jika listrik kita 1 phase maka kita tidak dapat menggunakan UPS 3 phase, tapi sebaliknya jika listrik kita 3 phase maka kita bisa menggunakan UPS dengan 3 phase ataupun 1 phase.

2.

BESARAN LISTRIK DAN SATUAN LISTRIK - Frekuensi


Di Indonesia menggunakan frekuensi 50Hz, frekuensi tersebut sudah menjadi standart di berbagai negara. Tapi ketika kita ingin membeli freezer yang akan kita gunakan dalam kapal maka kita harus menanyakan ke penjual berapa frekuensi untuk freezer tersebut karena di kapal biasanya menggunakan frekuensi 60Hz jadi jika freezer memounyai spesifikasi 50Hz maka tidak bisa digunakan pada listrik dengan frekuensi 60Hz.

3.

BESARAN LISTRIK DAN SATUAN LISTRIK - Daya


Daya listrik di Indonesia saat ini rata-rata menggunakan 1300watt untuk rumah tangga, jika kita akan membuka usaha es krim di rumah pastikan daya listrik kita mampu untuk memberikan daya karena kebanyakan mesin krim membutuhkan daya listrik yang besar. Jangan sampai kita membeli sebuah produk tapi power yang dibutuhkan terlalu besar sehingga kita dapat menggunakannya dirumah dan harus membeli genset dengan kapasitas yang besar.
 
banner percayakan indotara
Penulis: YUGUS
Editor: IQBAL

BANNER PARENT ARAKAWA
BANNER PRODUK ARAKAWA


Related Articles