Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

Mengenal Fungsi dan Kegunaan UPS dalam sehari-hari

UPS singkatan dari (Uninterruptible Power Supply). UPS memiliki pengertian yaitu perangkat hardware komputer yang berfungsi untuk memberikan suplai listrik ketika tegangan utama (PLN) tidak berfungsi atau terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba. Didalam komponen UPS terdapat baterai yang menjadi sumber listrik utamanya, ketika listrik mengalir melalui perangkat UPS maka secara otomatis baterai ini akan terisi penuh.

Perangkat ini memiliki peran yang cukup penting sebagai listrik cadangan sementara dengan backup time yang sangat cepat, tetapi hanya mampu bertahan dalam beberapa menit saja. Dalam waktu yang cukup singkat, bisa dimanfaatkan untuk menyimpan data yang belum sempat tersimpan dan mematikan perangkat-perangkat elektronik secara normal, contohnya komputer agar tidak merusak pada komponen hardwarenya.

Mengenal Fungsi UPS dan Kegunaannya

Berikut ini beberapa manfaat jika menggunakan UPS:
1.  
Dengan adanya UPS ini Anda dapat mencegah terjadinya kerusakan peralatan listrik ketika listrik tiba-tiba terputus.

2.

UPS ini sangat membantu terutama pada perangkat komputer, untuk mencegah hilangnya data ataupun terputusnya server ketika listrik tiba-tiba padam, yang tentunya memberikan dampak negatif untuk pekerjaan Anda.

3.

UPS pun banyak digunakan didalam gedung-gedung yang menggunakan lift, fungsinya adalah memback up lift agar tidak berhenti pada saat listrik padam secara tiba-tiba.

4.




UPS juga dapat menjadi backup sementara jika anda menggunakan Genset (Generator Set). Jika anda menggunakan Genset tanpa menggunakan UPS, ketika listrik padam dan saat peralihan dari PLN ke Genset, listrik akan tetap padam walaupun hanya sekian detik. Dengan menggunakan UPS, hal ini bisa diatasi, saat listrik padam, secara otomatis UPS langsung mem-backup tanpa adanya jeda waktu, setelah itu barulah sumber listrik dipindahkan ke Genset, sehingga aliran listrik tidak terputus sama sekali.



SOCIAL MEDIA

Instagram facebook pinterest linkedin twitter youtube

Penulis : Petrus

Editor : Rio

Chat Line Messenger

atau

Chat Whatsapp

Banner parent Artikel Arakawa

Banner List Product Arakawa
Banner Arakawa 2


Related Articles