Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Penjelasan dan Pengertian CNC Machine

Editor: Ipin
Penjelasan dan Pengertian CNC Machine
Penjelasan dan Pengertian CNC Machine

Penjelasan dan Pengertian CNC MachineHalo teman-teman setia dari PT. Indotara Persada, semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia ya. Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang salah satu mesin yang tentunya sudah terkenal dikalangan industri skala besar yaitu “Mesin CNC”. Artikel kali ini akan membahas mulai dari pengertian, prinsip kerja dan jenis-jenis Mesin CNC yang beredar di luar sana, pastikan juga kalian memahami artikel ini supaya dapat dijadikan pembelajaran dan tidak salah pengertian lagi kedepannya.

CNC Machine

Nama CNC adalah singkatan dari “Computer Numerical Control” yang dalam Bahasa Indonesia memiliki pengertian komputer kontrol numerik, dan definisi  CNC merupakan mesin yang digunakan dalam proses kegiatan manufaktur yang biasanya menggunakan kontrol terkomputerisasi dan peralatan mesin. Salah satu kelebihan yang paling utama  CNC machine yaitu kecepatan dalam proses produksinya sehingga cocok digunakan untuk produksi masal.

Prinsip Kerja CNC Machine

Point pertama adalah pembuatan program CNC yang sesuai dengan  produk yang akan dibuat dengan cara pengetikan langsung pada HMI mesin maupun dibuat pada komputer dengan perangkat lunak pemrograman CNC.

Program CNC atau yang  lebih dikenal sebagai G-Code, selanjutnya dikirim dan dikerjakan oleh prosesor pada CNC machine yang menghasilkan pengaturan motor servo pada mesin untuk menggerakan perkakas yang bergerak melakukan proses permesinan hingga menghasilkan produk sesuai dengan program.

CNC Machine telah dirancang untuk dapat digunakan dalam beberapa kegiatan produksi contohnya macam bahan, termasuk logam, kaca, plastik, kayu, foam, dan komposit.

Jenis-Jenis CNC Machine

Beberapa jenis mesin CNC berdasarkan fungsinya, yaitu :

Mesin Bubut CNC
CNC Lathe Machine adalah mesin bubut dirancang untuk memotong material logam secara otomatis melalui program komputer. Maksudnya, pergerakan benda kerja pada unit mesin bubut CNC ditentukan oleh instruksi yang dimasukkan melalui komputer.

Mesin bubut CNC tentunya dapat bekerja lebih cepat dan lebih efisien dibandingkan mesin bubut manual. Mesin bubut CNC tersedia dalam beberapa pilihan tipe contohnya adalah bench lathe, horizontal, vertikal, bed type, dan lain-lain. Mesin bubut CNC juga dapat beroperasi dengan presisi dan konsisten sehingga dapat digunakan untuk membuat beberapa bagian yang rumit seperti contohnya seperti senjata api, elektronik, dan peralatan medis.

Mesin CNC Milling
CNC Milling Machine adalah mesin milling berfungsi  untuk mengerjakan benda kerja menggunakan pemotong berbentuk silinder yang berputar untuk bergerak di sepanjang sumbu dengan dipantau oleh kontrol komputer numerik.

Sebagian besar CNC milling machine beroperasi pada tiga sampai lima sumbu sehingga hasil yang didapat mejadi lebih presisi dan detail yang dibutuhkan oleh pabrik elektronik dan medis.

Mesin CNC Router
CNC router machine biasanya  dipergunakan untuk dapat membantu dalam pemotongan material kayu, baja, aluminium, komposit, plastik, dan lain-lain.

Mirip dengan CNC milling machine, CNC router machine dapat menghasilkan bentuk yang presisi dan kompleks dengan berbagai bit router yang bergerak sepanjang tiga sumbu yaitu  :

X (depan ke belakang), Y (kiri ke kanan), dan sumbu Z (atas dan bawah).

Mesin CNC Plasma Cutting
Mesin CNC Plasma Cutting adalah mesin yang fungsinya melakukan pemotongan logam menggunakan uap plasma panas yang dikendalikan dari komputer. Mesin CNC Plasma Cutting memiliki fitur torch bertenaga tinggi yang dapat memotong bahan kasar seperti logam. Mesin CNC Plasma Cutting juga tersedia dalam berbagai ukuran, harga, dan fungsionalitas yang bervariasi.

Berikut adalah artikel mengenai pengertian, prinsip kerja dan jenis-jenis mesin CNC. Semoga dengan adanya artikel ini diharapkan teman-teman dapat memahami lebih dalam lagi mengenai mesin CNC supaya dapat menentukan tipe yang sesuai dengan kebutuhan teman-teman. Dan kami juga dari PT. Indotara Persada merupakan distributor mesin CNC, dengan didukung layanan aftersales dan penjualan sparepart yang terjamin kami siap membantu kebutuhan kalian. Terima kasih.