Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Penting! Cara Agar Stabilizer Anda Awet Dan Tidak Mudah Rusak

Posted Date, 15 Agustus 2022

Editor: Ipin

Penulis: Haizul Kurnia, S.T.

Cara agar stabilizer anda awet dan tidak mudah rusak

INDOTARA.CO.ID - Stabilizer sering kali kita gunakan untuk menstabilkan kembali tegangan listrik dirumah kantor atau gudang yang tegangan listriknya sering naik turun atau tidak stabil, dengan bantuan stabilizer tegangan listrik yang kurang stabil menjadi stabil dan alat elektronik pun berkerja dengan normal. Terdapat beberapa jenis stabilizer diantaranya 1 phase dan 3 phase, stabilizer 1 phase dengan input listrik 220V biasanya digunakan untuk listrik rumah tangga, sedangkan 3 phase dengan input listrik 380V biasanya digunakan untuk listrik pabrik, gudang dan perkantoran. Adapun untuk kegunaan kedua stabilizer tersebut sama hanya untuk input dan hasil output nya saja yang berbeda. Ideal penggunaan untuk stabilizer 1 phase ataupun 3 phase pun sama dengan penggunaan ideal 80% dari kapasitas stabilizer tersebut.

Sering sekali kita tidak mengetahui tentang cara penggunaan stabilizer yang baik dan benar sehingga ketika kita hendak membeli stabilizer kita membeli dengan spesifikasi yang kurang tepat, seperti kapasitas daya pada stabilizer sama dengan daya alat listrik yang digunakan, hal ini mengakibatkan mudah rusaknya stabilizer karena ideal penggunaan stabilizer ialah 80% dari kapasitas stabilizer tersebut.

Semisal anda ingin menggunakan stabilizer untuk alat elektronik berdaya 1400 maka anda disarankan menggunakan stabilizer dengan kapasitas 2000 watt, karena ideal penggunaan stabilizer 2000watt ialah 1600 watt, dengan cara menggunakan ideal pemakaian 80% dari kapasitas dapat menjaga usia pemakaian stabilizer, dan terhindar dari kerusakan karena stabilizer menerima beban yang berlebihan.


Baca Juga:


Yang perlu di perhatikan selanjutnya adalah spesifikasi Stabilizer yang akan Anda beli.

Dan lakukan juga pembersihan pada sisi-sisi ventilasi udara stabilizer guna memberikan ruang udara keluar masuk tanpa terhalang oleh debu, agar proses pendinginan berjalan dengan normal. Lakukan pula pengecekan berkala pada kabel input dan output di stabilizer untuk menghidarkan dari konsleting akibat kabel yang sudah rapuh dimakan usia, ataupun kabel yang tidak sengaja digigit tikus, dan didalam stabilizer ini terdapat part yang akan habis suatu waktu jika digunakan terus menerus yaitu carbon brush / arang, umur penggunaan carbon brush tersebut bergantung pada kestabilan tegangan listrik dirumah anda namun biasanya umur penggunaan carbon brush berkisar 2-3 tahun tetapi ini juga tergantung pada sering naik atau turun tegangan listrik dirumah anda semakin sering naik atau turun maka penggunaan carbon brush cepat habis. Tetapi anda tidak perlu khawatir untuk part ini bisa anda beli ditoko elektronik diluaran sana dengan anda membawa contoh dari carbon brush / arang tersebut.

Ingat stabilizer ingat indotara, karena hanya di indotara anda bisa mendapatkan stabilizer ARAKAWA. Dipasaran ada banyak sekali merk stabilizer yang dijual, jangan sampai anda salah dalam membeli stabilizer untuk menjaga kestabilan tegangan listrik alat elektronik kesayangan anda. Dan dengan anda membeli stabilizer merk ARAKAWA ada banyak benefit yang anda bisa dapatkan seperti, harga stabilizer yang terjangkau, garansi full sparepart dan service selama 5 tahun, jaminan ketersediaan sparepart untuk stabilizer dan dengan pelayanan after sales yang baik dari tim PT. indotara Persada.