Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Pentingnya Menentukan Arah Untuk Pemasangan Solar Panel

Posted Date, 11 Agustus 2022

Editor: Rio Arfiansyah

Penulis: Alex Lee

Pentingnya Menentukan Arah Untuk Pemasangan Solar Panel

INDOTARA.CO.ID - Sudahkah anda menggunakan perangkat solar system di rumah anda untuk menghemat biaya listrik? Jika sudah atau sedang merencanakan menggunakan solar system, pernahkah anda bertanya kepada diri anda sendiri maupun terhadap instalatir solar panel anda, dimanakah arah hadapan solar panel yang baik?

Pemasangan solar panel dengan hadapan yang tepat dapat memaksimalkan hasil listrik yang didapat. Otomatis, balik modal atau keuntungan yang didapat dari solar system tersebut dapat lebih maksimal. Lalu, bagaimana arah hadapan solar panel yang baik dan benar?

Menentukan arah hadapan solar panel yang benar bergantung pada lokasi instalasi solar panel itu sendiri. Garis khatulistiwa merupakan parameter utama dalam menentukan arah hadapan solar panel.

Sebagai contoh jika kita memasang solar panel di pulau jawa yang notabenenya terletak dibawah garis khatulistiwa maka sebaiknya kita menempatkan hadapan solar panel ke arah utara. Hal ini dikarenakan jika kita menempatkan hadapan solar panel ke arah selatan, maka posisi pv panel akan membelakangi matahari sehingga penyerapan Begitu sebaliknya, jika kita memasang solar panel dengan posisi diatas garis khatulistiwa, maka sebaiknya pemasangan solar panel menghadap keselatan. Karena jika hadapan solar panel ke utara, tentu juga akan membelakangi matahari.

Lalu, bagaimana dengan arah timur atau barat? Untuk pemasangan solar panel dengan arah timur maupun barat bisa dilakukan, namun kurang efisien. Pemasangan solar panel ke arah barat maupun timur tidak efisien atau maksimal dikarenakan penyerapan daya maksimal hanya terjadi pada saat pagi hari saja atau sore hari saja.

Seperti yang kita tahu, matahari terbit di timur dan terbenam di barat. Sehingga Ketika solar panel dipasangkan ke arah timur, maka penyerapan cahaya matahari akan maksimal saat pagi hari saja. Masalahnya Ketika sore hari matahari sudah mencapai di posisi barat. Tentunya penyerapan di sore hari akan menjadi tidak maksimal karena posisi solar panel sudah membelakangi matahari.

Baca Juga:

Oleh karena itu, pentingnya merencanakan pemasangan solar panel dengan baik sebelum melakukan eksekusi. Ada baiknya, konsultasikan rencana pemasangan solar panel panel anda kepada penyedia solar panel yang terpercaya dan berpengalaman. Tentunya anda tidak mau kan, biaya investasi yang tidak sedikit untuk solar system ini menjadi tidak maksimal?

Indotara Persada merupakan distributor solar panel dengan Brand Arakawa yang sudah sangat terpercaya dan berpengalaman. Arakawa sudah berkecimpung di bidang solar panel selama puluhan tahun dan juga Indotara juga memiliki team instalasi yang handal dan sudah bersertifikasi serta berperalatan lengkap. Indotara juga menyediakan fasilitas survey gratis dan memiliki garansi hingga 25 tahun.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan produk bergaransi resmi dan terpercaya hanya di PT. Indotara persada.