Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Perawatan Listrik Tenaga Surya Agar Optimal dan Awet

Editor: Rosyid
    Sistem pembangkit tenaga surya PLTS menggunakan teknologi panel Photovoltaic (PV) untuk menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi listrik yang dapat kita gunakan. Susunan sistem tenaga Photovoltaic, menghasilkan daya arus searah (DC) yang berfluktuasi sesuai intensitas sinar matahari, yang selanjutnya akan dikonversi ke tegangan arus bolak-balik (AC) melalui penggunaan alat inverter.

     Perawatan Listrik Tenaga Surya Agar optimal dan awet. Sistem listrik tenaga Surya PLTS  harus tetap rutin dirawat untuk terus mengoptimalkan kemampuan dan kapasitas output nya. Sebab ada beberapa part yang memerlukan perawatan rutin misalnya panel surya, inverter, kabel dan lain-lain.

Berikut ini panduan untuk Perawatan Listrik tenaga Surya atau Solar Panel yang bisa dilakukan:

Inverter
Inverter tidak memerlukan perawatan signifikan, namun disarankan untuk melakukan pengecekan minim setahun sekali atau beberapa bulan sekali seperti Pemeriksa kotoran debu atau puing-puing lainnya di saluran fan Inverter, yang dapat menyebabkan  berkurang nya daya dan system pendingin yang tidak memadai.

Cek Switch Protection
Periksa keausan komponen-komponen part Electronic Solar Switch, seperti pada mcb, fuse, konektor mc4, voltage protector dan lainnya pastikan bahwa konektor atau terminal tidak menunjukkan tanda-tanda perubahan warna dan perubahan bentuk karena  pemanasan yang berlebihan atau kerusakan karena hubung singkat.

Pemeriksaan PV Panel Surya
Sistem PV (PhotoVoltaic) tidak memerlukan pemeliharaan konstan terus menerus. Meskipun disarankan untuk menjaga bagian depan sisi kaca penampang  modul tetap bersih agar memastikan bahwa produksi energi tidak terpengaruh.

       Membersihkan debu kotoran dapat dilakukan dengan menggunakan kain serat mikro fiber dan etanol pada kaca panel PV atau dicuci dengan menggunakan bahan non deterjen agar tidak merusak lapisan kaca penampang solar panel.
Jika diperlukan lakukan serangkaian tes untuk memverifikasi tegangan masing-masing panel (menganalisis apakah panel memiliki cacat produksi  yang dapat mengakibatkan pengurangan tegangan).

      Periksa sambungan kabel untuk memastikan sambungannya baik dan tidak menunjukkan tanda-tanda korsleting. Periksa juga  jika ada sekrup longgar dengan mengencangkan mengunakan kunci pas. Periksa MCB Box dan  kabel protector dan Periksa kabel-kabel yang rusak.Matikan dan nyalakan system  inverter untuk memeriksa apakah bisa restart dengan benar. Periksa Kabel Konektor dan terminal termasuk juga kabel  grounding, koneksi terminal yang tidak benar selalu dapat mengakibatkan korsleting listrik dan juga  menyebabkan kemungkinan kegagalan operasional pada perangkat.

      Demikian lah Perawatan Listrik Tenaga Surya Agar  Optimal dan Awet , disarankan anda memilih produk Solar Panel yang berkualitas dari distributor PLTS yang terpercaya . Jadi jika suatu saat terjadi kegagalan fungsi pada system PLTS anda dapat dengan menghubungi distributor penjual solar panel . PT Indotara Persada adalah salah satu distributor PLTS yang di rekomendasikan untuk kebutuhan PLTS anda.