Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Perawatan Pada Elektrik Motor Induksi

Editor: Fiki
Perawatan Pada Elektrik Motor Induksi
Perawatan Elektrik Motor Induksi merupakan salah satu hal yang paling penting untuk meningkatkan kehandalan proses produksi dalam suatu industri, di mana motor listrik induksi merupakan salah satu equipment yang banyak digunakan untuk menunjang berbagai proses operasional produksi. Biasanya motor listrik digunakan sebagai pemutar berbagai mesin produksi,pemutar pompa,blower fan, atau juga compressor.

Perawatan Motor Listrik Induksi


Perawatan Pencegahan :
Jenis perawatan ini diperlukan selama motor listrik masih berjalan artinya masih difungsikan baik sebagai mesin produksi,pemutar pompa,blower fan, atau juga compressor. Berikut adalah 3 perawatan Pencegahan pada elektrik motor :

1.Pengecekan Arus

Ketika motor dalam keadaan berjalan kita dapat melakukan pengecekan arus listrik yang bekerja pada wiring elektrik motor. Pastikan arus listrik yang bekerja pada elektrik motor masih dibawah ampere maksimal yang tertera pada nameplate elektrik motor. Jika arus kerja motor masih dibawah arus nominal yang tertera pada nameplate maka motor masih dalam keadaan baik. Jika arus melebihi arus yang tertera di nameplate motor, maka harus di periksa beban yang digerakkan oleh motor baik mesin,pompa, kompresor atau apapun apakah beban kerja nya sesuai atau over load. Bisa juga arus lebih disebabkan factor internal motor, misalnya kondisi bearing yang sudah aus sehingga terjadi gesekan antara rotor dan bearing. Kalau hal ini terjadi akan terjadi Over Heating, short circuit hingga terbakar nya motor .

2. Pengecekan kualitas tahanan isolasi.

Pengecekan di lakukan saat  motor dalam keadaan standby . kita dapat melakukakan pengecekan berapa tahanan isolasi yang ada pada motor  dengan menggunakan alat insulation tester.Tujuan Pengecekan kualitas tahanan isolasi  adalah untuk menguji tahanan isolasi suatu kabel. Guna meminimalisir risiko tersengat listrik dan korsleting. Sehingga elektrik motor tersebut dapat digunakan secara aman.

3. Pengecekan Suhu Motor

Pengecekan ini bisa di lakukan dengan cara sentuhan atau lebih akurat jika kita menggunakan temperature gun. Pengecekan suhu ini dilakukan untuk memastikan agar elektrik motor tidak mengalami over heating saat operasional.


Selanjutnya adalah Perbaikan Elektrik Motor Listrik malfungsi / mati total
Langkah apa yang dapat kita lakukan jika terjadi kerusakan elektrik motor mati total dan tidak dapat beroperasi. Pada dasarnya sesuai dengan prinsip kerja motor bahwa gerakan pada motor dihasilkan dari induksi elektro magnetic yang terjadi sehingga terjadi putaran. hal pertama yang perlu kita periksa adalah lilitan tembaga motor dalam kondisi baik atau tidak. Berikut adalah service yang dapat di lakukan:

1. Melilit ulang Motor Induksi (Rewinding)

Ini merupakan kerusakan yang paling parah yang terjadi pada elektrik motor. Perbaikan yang dapat di lakukan untuk memperbaiki kerusakan pada lilitan adalah melilit ulang gulungan tembaga(rewinding). Kerusakan seperti ini biasanya  terjadi jika motor mengalami short circuit pada lilitan, dikarenakan proteksi yang gagal bekerja atau juga kerusakan isolasi akibat kualitas isolasi yang menurun maupun karena lembab.

2. Penggantian Bearing

Penggantian bearing dilakukan karena bearing mempunyai masa pakai (life time) sehingga sebaik apapun pelumasan yang di berikan, penggantian bearing harus tetap dilakukan. Masa pakai  bearing biasa nya sesuai dengan ukuran dan speed motor induksi. misalkan 10000 jam kerja untuk speed 3000 rpm. Jika kita tidak melakukan penggantian bearing sesuai ketentuan, maka akan bisa menimbulkan vibrasi pada motor bahkan dapat menyebabkan motor mengalami shortcircuit karena putaran rotor yang tidak seimbang akan merusak lilitan.

3. Menyetel ulang Rotor

Menyetel ulang rotor juga diperlukan ketika kita mengganti bearing. Karena bearing yang aus bisa jadi telah menyebabkan vibarsi dan membuat rotor tidak balance lagi. Untuk itu ketika kita melakukan penggantian bearing, ada baiknya  juga melakukan penyetelan ulang pada rotor  sehingga perbaikan yang kita lakukan lebih baik.

Pilihlah elektrik motor yang sudah terjamin kuialitas nya, elektrik motor Fujita merupakan pilihan yang tepat. dengan keunggulan Bearings by NSK Japan, Heavy Duty Power Coating by FreiLacke Germany, dan juga gulungan tembaga High Purity OFC Copper from Hitachi Alloy Japan.