Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Perbedaan Marking Laser, Engraving Laser dan Cutting Laser

Posted Date, 15 Oktober 2022

Editor: Ipin

Penulis: Fernando, S.E

Perbedaan Marking Laser, Engraving Laser dan Cutting Laser

Perbedaan Marking Laser, Engraving Laser dan Cutting Laser - Pada jaman sekarang ini perkembangan teknologi memang begitu pesatnya, sangat banyak mesin-mesin industri berteknologi canggih yang dapat membantu proses produksi, sehingga produk yang kita buat bisa lebih menarik dan memancing customer untuk membeli produk yang kita produksi.

Laser marking adalah penandaan material logam dengan menggunakan sinar laser. Cara kerja  mesin laser marking ini adalah dengan sinar laser yang memanaskan material sehingga menyebabkan oksidasi di bawah permukaan material dan mengubah material yang di laser menjadi hitam mengikuti design atau gambar yang kita input ke mesin laser marking.

Laser Marking sendiri memiliki beberapa kelebihan yaitu diantaranya;
Kelebihan menggunakan mesin Laser marking
  1. Proses penandaan dengan cepat dan presisi.
  2. Proses penandaan dengan hasil yang sangat halus.
  3. Dapat mengikuti design atau gambar yang kita inginkan.
  4. Mudah dioperasikan
Laser Engraving adalah adalah proses pengukiran bahan baku dengan sinar laser yang mengikis permukaan material, sehingga tulisan atau gambar atau design yang kita inginkan dapat muncul pada permukaan material yang kita laser. Dan untuk laser engraving ini kurang lebih sama dengan laser marking, namun hal yang membedakannya ada di hasil akhir dari material yang di laser, kalau untuk laser marking dia hanya memanaskan material sehingga menyebabkan oksidasi dan menghasilkan warna hitam tanpa mengikis material, sedangkan untuk laser engraving dia tetap menggunakan laser tetapi hasil akhirnya dia mengikis atau mengukir material sehingga material yang di laser bertekstur seperti huruf timbul. Kita dapat mengukir atau mengikis berbagai bahan atau media seperti: kayu, bambu, acrylic, kulit, plastik, kain, marmer, kaca, dan media lainnya.
Produk yang dapat dihasilkan dari mesin Laser Engraving adalah sebagai berikut;
  1. Merchandise
  2. Sign room
  3. Wall Art
  4. Logo Produk
  5. Design custom
Laser Engraving juga memiliki beberapa kelebihan,yaitu diantaranya ;
Kelebihan menggunakan mesin Laser Engraving.
  1. Tidak diperlukan sebuah sistem yang khusus untuk mengoperasikan mesin laser engraving
  2. Ukiran yang dibuat oleh mesin laser engraving menghasilkan ukiran yang mempuyai nilai seni.

Baca Juga:

Laser cutting adalah proses memotong material tertentu dengan energi sinar atau cahaya laser. Sinar laser memiliki energi yang sangat besar dan difokuskan dengan teknik tertentu sehingga mampu membuat berbagai benda yang ada di bawahnya menjadi terpotong, terbelah, dan meleleh.
Material yang dapat dipotong menggunakan mesin laser cutting adalah :
  1. Plastik, logam, kayu.
  2. Acrylic.
  3. Stainless steel.
  4. dan beberapa material lainnya.
    Untuk laser yang biasa digunakan dalam proses laser cutting ini adalah Fiber laser. Kelebihan fiber laser ini adalah memiliki tingkat detail yang tinggi dan presisi dan juga bebas perawatan (maintenance free) dan memiliki masa pemakaian yang cukup lama ,yaitu 25.000 jam. Dan kekurangannya adalah harganya lebih mahal dibandingkan dengan CO2 laser yang pemakaiannya hanya 1000 sampai 5000 jam.
    Ada beberapa kelebihan dari mesin laser cutting ini ,diantaranya yaitu ;
    1. Bisa memotong design yang rumit ,dengan tingkat presisi yang tinggi.
    2. Memiliki proses yang cepat dan akurat.
    Dan untuk kebutuhan mesin laser marking, mesin engraving dan mesin laser cutting anda ,Kami dari PT. Indotara Persada, siap membantu dengan baik kebutuhan Bapak dan Ibu, kami siap melayani dan mensupport kebutuhan Bapak dan Ibu.


    Related Articles