Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

PERLINDUNGAN TERHADAP UPS

PERLINDUNGAN TERHADAP UPS - UPS adalah singkatan dari Uninterruptible Power Supply yang digunakan sebagai alat back up listrik jika perangkat elektronik kehilangan daya listrik dari sumber utamanya. UPS banyak digunakan saat ini terutama untuk back up perangkat seperti PC, UPS mampu mencegah kerusakan perangkat- perangkat elektronik tersebut jika sumber listrik utama padam mendadak.

Baca Juga :
PERBEDAAN PRODUK JUAL UPS ONLINE DAN OFFLINE


KEAMANAN KOMPUTER DAN SERVER


KERUSAKAN PADA BAGIAN UPS

UPS dengan battery internal memiliki kemampuan back up time beberapa menit saja, jika ingin back up time lebih panjang bisa digunakan jenis UPS dengan battery external dan harga sangat bergantung dari kuantitas battery (semakin lama back up time, semakin besar kapasitas atau  banyak battery yang digunakan).


Perlindungan Terhadap UPS

PERLINDUNGAN TERHADAP UPS

Setelah kita memiliki UPS yang sesuai dengan kebutuhan, jangan lupa untuk merawat dan memberikan perhatian untuk perlindungan terhadap UPS tersebut mengingat UPS sendiri adalah perangkat elektronik juga.

Berikut ini ada beberapa tips untuk merawat UPS yang benar agar tetap awet :


1. Charge UPS Untuk Pertama Kali
Ketika Anda membeli UPS, sebaiknya charge UPS Anda pertama kali setidaknya 24 jam sebelum menggunakannya untuk back up perangkat Anda.


2. Daya UPS
Ketahuilah besar kapasitas daya UPS Anda sehingga ketika dihubungkan dengan perangkat seperti PC, monitor, printer dan lain-lain tidak melebihi kapasitas maksimal. UPS memiliki power factor sekitar 0.8 - 0.9 sehingga pemakaian yang diizinkan 80-90% dari kapasitas UPS itu sendiri.


3. Tegangan UPS
UPS memiliki range tegangan tertentu dengan batas minimum dan maksimum yang tercantum dalam data spesifikasi. Perhatikan lebih harus diberikan jika tegangan listrik di tempat Anda tidak stabil dalam pengertian melewati batas range, sebaiknya digunakan stabilizer untuk mencegah kerusakan UPS dan perangkat Anda.


4. Working temperature
Lingkungan kerja di mana UPS ditempatkan menjadi salah satu faktor penting untuk keawetan UPS, temperatur ruangan harus disesuaikan dengan spesifikasi misalnya 0-40 derajat Celsius. Jika memungkinkan letakkan UPS di ruangan ber AC dan kering (tidak lembab).


5. Jenis Perangkat yang diback up
UPS ideal untuk back up perangkat PC server, microcomputer, sistem telekomunikasi, data center, dan alat medical. Jangan gunakan UPS untuk perangkat yang memiliki input daya tidak stabil seperti elektro motor dan lainnya.


6. Troubleshooting UPS
Jangan pernah membuka atau memperbaiki unit UPS Anda sendiri, sebaiknya hubungi teknisi ahli untuk perbaikan untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.


7. Pergantian battery berkala
Lakukanlah pergantian berkala untuk komponen battery Anda agar UPS dapat bekerja optimal.

Indotara selaku distributor tunggal UPS Online merk Arakawa siap memberikan layanan purna jual dan service terbaik bagi kebutuhan UPS Anda. Jangan segan-segan menghubungi tim sales UPS kami untuk mendapatkan harga terbaik di kantor cabang terdekat dengan domisili Anda.

Dapatkan Produk Jual UPS ARAKAWA Disini

"Terima Kasih Atas Kepercayaan Anda Memilih Produk Terbaik Indotara"

banner percayakan indotara

Penulis & Editor : IQBAL
Banner parent Artikel Arakawa
Banner List Product Arakawa


Related Articles