PROSEDUR MENGGUNAKAN GENSET | PUSAT JUAL GENSET
Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

PROSEDUR MENGGUNAKAN GENSET | PUSAT JUAL GENSET

PROSEDUR MENGGUNAKAN GENSET | PUSAT JUAL GENSET - Istilah genset tentu sudah sangat umum , hampir semua orang pasti pernah mendengar istilah genset, tetapi banyak dari kita ternyata tidak pernah menggunakannya, sehingga banyak orang yang bingung dengan prosedur menggunakan genset saat listrik padam. Tentunya Indotara sebagai distributor Pusat Jual Genset akan memberikan informasi tentang bagaimana prosedur menggunakan genset yang benar

Berikut beberapa prosedur menggunakan genset yang baik agar tidak terjadi kecelakaan kerja :  
W3.CSS

PROSEDUR MENGGUNAKAN GENSET | PUSAT JUAL GENSET

distributor pusat jual genset


Matikan arus listrik dari PLN - Pusat Jual Genset

distributor pusat jual genset Tahap awal yang harus dilakukan sebelum menggunakan genset saat pasokan listrik dari PLN padam adalah pastikan saklar PLN pada posisi off. Hal ini sangat mudah dilakukan karena kita cukup menurunkan handle ohm skalar pada rumah kita. Tujuan dari menurunkan handle / ohm saklar adalah untuk menghindari pertemuan arus listrik dari PLN dan arus listrik dari genset yang bisa menyebabkan kecelakaan kerja. Jika user merasa kerepotan untuk menurunkan handle / ohm saklar saat ingin menyalakan genset, user tidak perlu khawatir karena hal ini bisa dengan pemasangan ATS ( Automatic Transfer Swicth ), ATS berfungsi untuk memindahkan panel secara otomatis.

Memeriksa bahan bakar genset - Pusat Jual Genset

distributor pusat jual genset Pastikan bahan bakar terisi sehingga genset tidak tiba2 mati saat running. Hal yang harus diperhatikan selain bahan bakar adalah oli yang diganti secara rutin. Oli pada genset sama halnya dengan di kendaraan , yang berfungsi agar kerja mesin mulus dan tanpa gangguan. Sebelum menyalakan genset, tentu hal yang harus dipastikan ada adalah bahan bakarnya. 


Menyalakan Genset - Pusat Jual Genset

distributor pusat jual genset Untuk genset yang electric, user cukup menekan start button ataupu memutar starting switch yang tertera pada genset.Untuk genset yang dinyalakan secara manual, maka user perlu menarik koil sampai genset menyala. Setelah semua telah dipastikan, maka genset sudah bisa digunakan. Penggunaan tiap genset ada perbedaan, ada genset yang dinyalakan secara manual dan electric. 


Pemanasan - Pusat Jual Genset

distributor pusat jual genset Pemanasan juga berlaku minimal satu minggu sekali sekalipun genset tidak digunakan, hal ini bertujuan agar battery/accu genset tetap dalam kondisi baik. Menggunakan genset hampir mirip saat anda ingin menggunakan kendaraan motor atau mobil, selalu lakukan pemanasan mesin minimal 5 sampai 10 menit, hal ini bertujuan agar putaran kerja mesin lebih stabil karena pelumas dan semua komponen telah bekerja dengan sempurna. 


Running Genset - Pusat Jual Genset

distributor pusat jual genset Setelah melakukan pemanasan, genset sudah siap dirunning, user sudah boleh menyalakan panel satu persatu.  



Mematikan Genset - Pusat Jual Genset

Saat genset sudah selesai digunakan, genset sudah boleh dimatikan dengan beberapa tahap diantaranya :
Turunkan saklar MCB/Breaker pembebanan ke posisi off
Tetap biarkan genset selama kurang lebih 5 menit agar putaran mesin genset menghabiskan gas buang
Pastikan starting switch ( kontak ) pada posisi off untuk genset dengan tipe diesel, mesin maupun lainnya.

banner percayakan indotara

Penulis: NANTO SETIAWAN
Editor: IQBAL


Genset Iwata 3

dummy product genset iwata


Related Articles