Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membeli Stabilizer

Posted Date, 12 Agustus 2022

Editor: Rosyid

Penulis: Ayu Wulandari, S.Kom

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membeli Stabilizer

INDOTARA.CO.ID - Seperti yang kita ketahui listrik yang tidak stabil dapat merusak alat-alat elektronik dirumah Anda. Terlebih listrik yang tidak stabil terjadi diarea pabrik, dimana ada alat-alat produksi pabrik yang terkadang tidak mau berfungsi apabila voltase PLN tidak stabil. Tentu saja hal ini dapat menghambat proses produksi pada suatu pabrik. Untuk mengatasi ketidak stabilan listrik pada suatu lokasi kita dapat menggunakan stabilizer, Dimana stabilizer mampu menstabilkan tegangan yang keluar dari PLN. Baik itu over voltage ataupun under voltage.

Namun pada prakteknya ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli stabilizer agar sesuai dengan kebutuhan kita. Terlebih apabila stabilizer yang akan dibeli untuk skala industri, dimana kita harus melihat under dan over voltage dilokasi dan kita juga harus memperhatikan beban yang akan dipakaikan stabilizer. Agar tidak ada terjadinya overload pada stabilizer.

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam memebeli stabilizer ada sebagai berikut:

  • Ketahui terlebih dahulu jaringan listrik yang ada
Kita harus mengetahui terlebih dahulu jaringan listrik yang terpasang 1 phase atau 3 phase. Atau apabila stabilizer yang akan dibeli untuk memback up alat tertentu kita pastikan terlebih dahulu atal tersebut 220V atau 380V. Agar sesudahnya kita bisa menentukan stabilizer yang kita pilih butuhnya 1 phase atau 3 phase.

  • Cek tegangan/voltage
Pada listrik suatu gedung sebelumnya kita dapat mengecek voltasenya telebih dahulu, bisa menggunkan tang Amper atau avometer biasa, agar untuk lebih mengetahui under atau over voltage pada gedung tersebut sesudahnya akan lebih mempermudah kita untuk menetukan stabilizer mana yang cocok. Dimana pada spesifikasi stabilizer tertentu memiliki range voltage dalam menstabilkan voltase. Hal ini perlu diperhatikan sekali apabila pada area-area yang voltage dropnya rendah sekali , atau stabilizer untuk alat produksi yang sensitive terhadap under atau over voltage.

  • Hitung daya terpasang
Hitung daya terpasang pada alat/gedung yang akan dipasangkan stabilizer untuk menghindari over beban, dimana kapasitas stabilizer harus lebih besar dari daya listrik terpasang. Hal ini untuk menghindari lonjakan beban.

Baca Juga:

Setelah kita memperhatikan ketiga hal penting tersebut, lanjut bisa cek pada spesifikasi stabilizer yang akan kita beli. Misal listrik suatu gedung pada pada range 270 Volt standar untuk 3 phase 380 Volt, untuk menaikan ke standart volt 380 maka kita harus cari stabilizer yang bisa daya angkatnya sekitar 30 persen dari under atau over voltagenya agar  voltage tadi bisa diangka standartnya.

Nah, apabila anda ragu dalam menentukan stabilizer yang cocok untuk gedung atau pabrik anda, Anda bisa menghubungi PT. Indotara persada.

PT. Indotara persada adalah  Distributor tunggal produk Stabilizer Arakawa. Dimana Stabilizer yang dijual oleh PT. Indotara persada memiliki beragam jenis stabilizer sesuai dengan kebutuhan pabrik/gedung anda. Yang low budget mulai dari yang masih menggunkan carbon brush sampai sudah tidak menggunkan carbon brush Indotara punya. Untuk after sales dan layanan purna jual langsung PT. Indotara yang menangani.

Jadi saat ada trouble di unit anda tidak bingung lagi mau cari kemana. Jadi, tunggu apalagi segera konsultasikan  kebutuhan anda, dan dapatkan produk Arakawa original dan resmi hanya di PT. Indotara persada.