Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Teknologi Panel Surya energi terbarukan Ramah Lingkungan

Editor: Fiki
Teknologi Panel Surya energi terbarukan Ramah Lingkungan
Panel surya termasuk teknologi  ramah lingkungan karena tidak memancarkan emisi gas yang berbahaya, seperti karbon dioksida. Panel surya  tidak memberikan kontribusi terhadap perubahan iklim. Prinsip Dasar Listrik Tenaga Surya Semakin tinggi intensitas sinar matahari maka semakin banyak pula jumlah energi listrik yang dihasilkan. Salah satu keunggulan dalam pengolahan listrik tenaga surya adalah sifat ramah lingkungan, Karena proses pengolahan ini tidak menghasilkan polusi yang berisiko mengganggu ekosistem alam.

Pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS merupakan energi terbarukan yang bisa menjadi pengganti dari pembangkit listrik tenaga lain semisal batu bara atau minyak bumi yang selama ini kita pakai. Energi surya di negara Indonesia belum sepenuhnya dimanfaatkan potensinya.

Energi dari sinar matahari ini tidak menggunakan bahan bakar minyak bumi atau batubara pastinya tidak akan berperan dalam pemanasan global. Sebaliknya justru dapat menyelamatkan dunia dari global warming yang semakin mengancam.

Dengan penggunaan energi listrik yang dihasilkan dari energi alternatif sinar matahari, bumi akan terhindar dari polusi udara dan pemanasan global, Sumber energinya berupa cahaya matahari yang  tidak akan pernah habis.

 
Apa saja sih keunggulan panel surya?

Selain bisa digunakan untuk menghasilkan tenaga listrik yang bisa kita gunakan untuk memenuhi daya alat elektronik yang kita gunakan sehari hari , sehingga dapat menghemat penggunaan listrik dari sumber utama PLN

Pembangkit Listrik Tenaga Surya dapat menjadi solusi terbaik agar lebih hemat energi dan hemat biaya. Mengingat kebutuhan listrik konvensional PLN yang semakin meningkat dapat mengakibatkan krisis listrik terjadi kapan saja.

Apa kelebihan dan kekurangan menggunakan panel surya?


Salah satu kelebihan panel surya adalah menghemat tagihan listrik, sedangkan kekurangannya adalah biaya pemasangan dan material nya yang masih tergolong cukup mahal.

Prinsip penghematan dari PLTS yakni mengurangi penggunaan listrik dari PLN pada siang hari. Kelebihan listrik yang di hasilkan pada siang hari akan diekspor ke jaringan PLN dan digunakan untuk mengurangi tagihan PLN di bulan berikutnya.

Masyarakat umumnya mengeluhkan tentang kenaikan tarif dasar listrik (TDL) hampir setiap tahunnya, sementara TDL akan terus semakin meningkat seiring berjalan nya waktu . Ini pastinya akan sangat berpengaruh pada biaya tagihan PLN bulanan untuk setiap keluarga.

Solusi agar listrik tak menjadi beban besar dalam biaya bulanan dalam rumah tangga, kini banyak produsen sudah mulai memanfaatkan penggunaan teknologi panel surya (solar panel) yang bisa di install di setiap rumah.

Energi listrik yang diproduksi oleh panel surya bisa langsung digunakan pada siang hari . Sisanya akan dialihkan ke jaringan PLN menggunakan KWH meter EXIM dan akan mengurangi pembayaran tagihan listrik PLN.
 
Konsep pengembangan panel surya tak terlepas dari potensi energi matahari yang cukup berlimpah di Indonesia. Ini dikarenakan wilayah di Indonesia berada di garis khatulistiwa dan menerima sinar matahari sepanjang tahun.

Menurut data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral  ESDM, potensi energi matahari di Indonesia lebih kurang 4,8 kWh / meter persegi atau setara 112.000GWp, tetapi belum banyak digunakan baru hanya sekitar 10MWp yang di gunakan. Indonesia seharusnya dapat memanfaatkan potensi besar ini di masa depan.

Jika anda mulai tertarik untuk pemanfaatan energi terbarukan PLTS bisa menghubungi distributor Panel Surya dari merk Arakawa PT Indotara Persada untuk berkonsultasi.