Agen Genset, Agen produk Genset Indonesia
Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

TIPS CARA MEMILIH DAN MEMBELI GENSET

Iwata Genset 1

Genset adalah Solusi Mati Lampu yang paling efektif & efisien untuk saat ini. Genset sangat umum digunakan untuk mengatasi masalah mati listrik. Memilih genset yang tepat bukanlah hal yang gampang jika kita tidak mengerti tentang hal2 seputar genset. Sangat penting bagi anda untuk memilih genset yang berkualitas bagus dengan harga yang ekonomis. Mahal bukan jaminan genset yang anda beli akan bagus karena sebuah genset memerlukan spareparts dan after sales yang baik untuk mendukung genset

tersebut agar dapat beroperasi terus menerus dalam jangka waktu yang panjang. Genset yang murah pun bukan jaminan anda akan berhemat, karena biaya operasi sebuah genset lah yang akan menentukan murah atau mahalnya sebuah genset.

Genset ekonomis dengan kualitas tinggilah yang perlu anda cari sampai dapat. Nilai beli yang wajar dengan ketetersediaan spareparts yang lengkap & dukungan after sales yang baik & responsive.

Hal2 utama yang harus diperhatikan dalam memilih genset :

Kebutuhan Daya
1. Kebutuhan daya

Langkah pertama dalam membeli genset adalah : anda perlu menentukan daya yang anda butuhkan pada genset yang akan anda beli. Biasanya dalam satuan KVA atau KW. Caranya bisa dengan mengukur ampere yang bekerja pada panel utama, atau meminta supplier genset untuk melakukan audit power & energy pada fasilitas anda.


Daya (Kw) pada system 3 phase = V* √3*Pf*A

V = voltage (400v)

Pf = Power Factor (diasumsikan 0.8 untuk instalasi listrik majemuk)

A = Ampere

Misalnya  Ampere  tertinggi hasil pengukuran = 500A

Daya = 400* √3*0.8*500 = 278 Kw

Kekuatan genset harus 20% lebih besar daripada kebutuhan netto untuk keperluan fluktuasi arus listrik. Maka Genset yang dibutuhkan minimal :

278Kw/0.8 = 347.5Kw

347.5Kw/0.8 = 434.4Kva à 450Kva (minimal, bisa lebih besar)

** Sebaiknya berkonsultasi dengan supplier genset berpengalaman untuk mendapatkan rekomendasi yang benar.

 

2. Jenis Engine yang cocok.

Iwata Diesel Engine
a. Engine jenis diesel dengan bahan bakar solar.

Pada umumnya genset berbahan bakar solar karena relative mudah didapatkan dan efisiensinya tinggi sekali (Kwh/liter yang tinggi). Selain itu Solar sangat aman untuk disimpan karena tidak mudah terbakar, tidak menguap , tidak beracun & relatif tidak berbau. Dan genset dengan engine diesel pun harganya relatif terjangkau, mudah dirawat, bandel & banyak pilihan enginenya. Genset 10Kva atau lebih sudah menggunakan pendingin air (water cooled).


b. Engine Gasoline (Bensin)

Genset bensin sangat umum digunakan, tetapi biasanya hanya dalam format kecil ≤ 10Kva. Format Gasoline tidak tersedia untuk genset besar diatas 10Kva karena sudah tidak efisien (boros). Salah satu kekurangan genset gasoline adalah bahaya dalam penyimpanan bahan bakar bensin karena mudah terbakar, menguap & berbau. Genset Gasoline relatif murah & bobotnya ringan dibandingkan genset Diesel karena konstruksi mesin yang simple (Engine OHV).  Genset Bensin biasanya dalam format open & berpendingin udara (air cooled).

c. Engine LPG

Genset dengan bahan bakar LPG tersedia dalam format kecil maupun besar. Genset jenis ini masih jarang digunakan karena berbagai alasan. Salah satunya adalah masalah safety & kesulitan dalam memperoleh bahan bakar terutama dalam kemasan besar (bulk). Biasanya digunakan untuk genset format besar (Megawatt).

** Anda bisa berkonsultasi dengan supplier genset berpengalaman untuk jenis engine yang cocok untuk anda. Pada umumnya genset Diesel bisa meng-cover kebutuhan pemakai genset rumah tangga maupun industry pada umumnya.

 

3. Type silent atau open

Genset dari soundproofing nya bisa dibedakan menjadi :

Iwata Genset Open 1. Genset Open

Yaitu genset dengan format terbuka (open), tidak menggunakan cover & peredam akustik sehingga bunyi yang dihasilkan tidak diredam sama sekali. Genset jenis ini biasanya digunakan ditempat2 terbuka yang tidak bermasalah dengan bunyi, atau diletakkan dalam ruangan kedap suara (engine room). Genset open lebih murah dibandingkan genset silent. Salah satu kekurangannya yaitu tidak mempunyai proteksi terhadap cuaca (panas, hujan & debu) karena tidak mempunyai cover.

Iwata Genset Silent 2. Genset Silent

Yaitu genset dengan format tertutup (Silent), menggunakan cover pelat berperedam akustik sehingga bunyi yang dihasilkan engine sebagian besar diredam sehingga suara yang timbul tinggal sedikit. Genset jenis ini tidak “silent” 100%, masih ada bunyi yang dihasilkan, tetapi sudah jauh berkurang dibandingkan genset jenis Open.

Fungsi cover juga untuk memproteksi terhadap cuaca (panas, hujan & debu) dan memperindah genset dari sisi estetika, dan nilai jual kembali juga cukup tinggi karena lebih banyak peminatnya dibanding genset open. Genset Silent bisa diletakkan dimana saja, karena suaranya tidak akan mengganggu karena masih dalam batas yang wajar. Misalnya bisa diletakkan di ruko2, rumah2, pabrik, keramaian, dll.


4. Dimensi Genset & penempatan
Iwata Genset Installation

Dimensi genset sangat penting untuk diperhatikan karena genset tersebut harus muat terpasang & bisa dimobilisasi ke tempat yang anda rencanakan. Tanpa perencanaan dimensi & penempatan, akan menyulitkan teknisi dalam meng-install genset tersebut, atau bahkan akan merusak bangunan anda. Penempatan Genset harus direncanakan pada tempat/ ruang dengan sirkulasi udara baik, suhu ruang yang sesuai, kelembapan yang minim, tidak banjir, beratap, ruang tidak terlalu sempit, ketinggian atap yang cukup, ada akses untuk pembuangan asap genset, jauh dari jangkauan anak2, dan tentunya aman dari pencurian & sabotase.



5. Memilih supplier yang tepat.

Dalam memilih supplier yang tepat, perlu memperhatikan hal2 berikut :

a. Reputasi Supplier

Supplier genset dengan reputasi baik tercermin dari portfolio clientnya. Portfolio bisa diketahui dari website supplier tersebut, terutama yang menyertakan foto2 proyeknya sehingga meyakinkan. Sangat penting untuk menemukan supplier yang bertanggung jawab, bukan asal murah ataupun asal mahal. Supplier yang bertanggung jawab akan memberikan jaminan yang full, dan support yang berkesinambungan sehingga anda dapat memanfaatkan genset yang anda beli semaksimal mungkin dalam jangka waktu yang selama mungkin.

Reputation

b. Ketersediaan sparepart

Supplier yang bertanggung jawab akan selalu menyediakan suku cadang asli dalam jumlah cukup & berkesinambungan. Karena bagaimanapun suatu mesin pasti akan memerlukan suku cadang selama operasionalnya. Oleh karena itu ketergantungan buyer kepada supplier sangat tinggi suka atau tidak suka.

Iwata Spareparts

c. Layanan after sales

Selain spareparts, ketergantungan lain adalah layanan after sales. Buyer perlu dukungan teknisi2 berpengalaman untuk training, trouble shooting ataupun regular maintenance. Bahkan kebutuhan2 khusus pun harus mampu diberikan oleh supplier, misalnya pemindahan genset ataupun penambahan panel2 dengan fungsi khusus.

Iwata Genset Service

d. Reputasi Brand.

Pilih brand2 yang sudah terbukti dengan reputasi internasional dan diproduksi oleh pabrikan dengan teknologi yang mapan sehingga genset yang dihasilkan pun berteknologi baik. Panel elektrikal standard international adalah nilai plus untuk safety & performance. Controller, speed controller, AVR , sensor, sangat berpengaruh terhadap kinerja genset secara keseluruhan. Oleh karena itu genset yang baik biasanya diproduksi oleh pabrikan bereputasi internasional.

Iwata Genset Brand



Iwata ATS AMF


6. Pertimbangkan automatisasi ATS/AMF

Jika ingin meminimalkan down time, dan menghindari human error bisa memilih menggunakan ATS (Automatic Transfer Switch) yaitu panel yang berfungsi untuk menyalakan genset pada saat main power off (PLN mati), dan mentransfer load ke Genset secara otomatis. Dan sebaliknya mematikan genset jika Main power on (PLN menyala kembali), dan mentransfer load ke PLN secara otomatis. Selain itu ATS juga berfungsi untuk charging battery secara rutin sehingga tidak drop pada saat dibutuhkan.

Penambahan panel ATS tentu akan menambah budget pembelian genset, tetapi patut dipertimbangkan fungsinya yang sangat berguna.


Warranty

6. Masa Garansi

Pastikan supplier memberi jaminan (warranty) yang cukup lama agar genset yang anda beli terjamin dalam jangka waktu yang cukup lama. Bisa jadi genset yang kita beli ternyata digunakan 1 atau 2 tahun kemudian karena hal2 tertentu. Pastikan memperoleh masa garansi yang cukup panjang dari supplier bereputasi baik.

Fact & Logic

7. Memilih genset dengan logika & fakta

Adalah penting bagi anda untuk menentukan pilihan berdasarkan logika & fakta, jangan terperangkap black campaign ataupun iklan semata. Sudah menjadi rahasia umum jika para sales2 genset saling menjatuhkan dengan black campaign yaitu menjelek2kan produk lain. Anda wajib men-survey genset tersebut agar tahu kualitas barangnya seperti apa. Genset yang baik biasanya dengan tampilan yang rapi. Setiap potongan pelatnya pun sangat rapi karena dikerjakan dengan laser cut & finishing dengan powder coating, bukan cat biasa. Engine & alternator pun menggunakan engine berkualitas baik. Suaranya tidak berisik dan getarannya sedikit. Genset yang power nya full harus bisa ditest dengan load bank, supplier wajib memiliki load bank untuk testing.

Kesalahan dalam membeli genset dapat berakibat fatal & merugikan anda yaitu :
  1. Genset banci, power yg dihasilkan kurang dari spesifikasi.
  2. Sulit dioperasikan, tidak user friendly
  3. Tidak safety karena tidak dilengkapi pengaman2.
  4. Mengeluarkan bunyi yang sangat bising.
  5. Emisi berlebih yang membahayakan pernapasan & lingkungan.
  6. Ketiadaan spareparts, consumables & after sales yang buruk.
  7. Genset yang terlalu mahal, over spec.
  8. Genset yang terlalu murah, under spec.
  9. Biaya operasi yang tinggi : boros bahan bakar & kerusakan yg tiada hentinya.
  10. Genset rekondisi yang dijual sebagai barang baru.

Pembelian genset yang tepat adalah investasi, karena akan memberikan anda return kinerja yang baik bagi anda. Demikian tips dalam memilih genset, semoga bermanfaat


Related Articles