Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Tips Memilih Stabilizer Tegangan Untuk Rumah Yang Baik

Posted Date, 3 November 2022

Editor: Ipin

Penulis: Haizul Kurnia, S.T.

Tips Memilih Stabilizer Tegangan Untuk Rumah Yang Baik

Tips Memilih Stabilizer Tegangan Untuk Rumah Yang Baik - Kita pasti pernah mengalami ketika di rumah tiba-tiba lampu menjadi redup dan terang kembali dalam beberapa detik? Kondisi tersebut terjadi karena tegangan listrik dari PLN di rumah tidak stabil. Jika tegangan listrik di rumah tidak stabil akan ditandai dengan lampu yang tiba-tiba menjadi redup dan berselang beberapa waktu lampu akan menjadi terang kembali. Hal tersebut bisa jadi pertanda bahwa terjadi gangguan listrik di rumah Anda.

Sebelum membahas tips memilih stabilizer, ada baiknya kita wajib tahu mengapa kita butuh stabilizer untuk tegangan listrik di rumah atau di kantor bahkan di tempat kerja. Saat ini hampir semua alat penunjang kebutuhan hidup manusia menggunakan peralatan elektronik yang membutuhkan energi listrik. Ada kalanya tegangan listrik dirumah kita turun-naik tidak stabil sehingga dapat mengakibatkan peralatan listrik sensitif terhadap perubahan tegangan dan menjadi rusak (contoh: komputer dsb.) ada beberapa faktor kondisi membuat tegangan listrik di rumah menjadi naik- turun. Kondisi tegangan listrik turun-naik biasanya terjadi menjelang sore sampai jam malam hari dimana terjadi beban puncak yang akan berakibat tegangan menjadi turun-naik. Faktor lain nya juga jarak rumah pelanggan ke trafo distribusi PLN juga mempengaruhi perubahan tegangan. Pada peralatan rumah tangga kita banyak yang mempunyai toleransi terhadap perubahan tegangan, tetapi tidak sedikit peralatan elektronik yang sensitif terhadap perubahan tegangan tersebut. Hal ini tentu saja sedikit merepotkan. Sebagai pelanggan listrik, salah satu cara memperbaiki perubahan tegangan tersebut adalah dengan menggunakan stabilizer tegangan kealat principle yang akan digunakan.

Baca Juga:



Jika terdapat banyak peralatan elektronik di rumah kita yang sensitif terhadap perubahan tegangan listrik Lalu bagaimana? Apakah Akan dipasang stabilizer pada masing – masing peralatan tersebut? Jawabannya bisa iya dan juga bisa tidak. Jika anda mau memasangkan setiap stabilizer ke masing masing peralatan tersebut juga tidak menjadi masalah. Akan tetapi hal tersebut tentu saja kurang efektif karena anda Akan membutuhkan banyak stabilizer yang tentu saja membutuhkan banyak biaya. Lalu bagaimana cara memasang satu buah stabilizer untuk digunakan pada banyak peralatan? Jawabannya tentu saja dengan memasang Stabilizer pada panel distribusi PLN anda agar unit Stabilizer mengcover seluruh peralatan listrik di rumah.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan dalam pemilihan stabilizer tegangan adalah memilih kapasitas dari stabilizer. Pilihlah Stabilizer dengan kapasitas yang disesuaikan dengan daya listrik yang terpasang pada rumah anda atau bisa lebih besar sedikit terhadap daya listrik PLN yang terpasang.

Tentu saja baiknya Anda juga bisa berkonsultasi dengan Sales untuk menentukan Stabilizer yang tepat dengan kebutuhan Anda. Pilihlah Distributor Stabilizer yang sudah berpengalaman di bidang nya agar anda tidak salah dalam menetukan pilihan kapasitas Stabilizer yang sesuai dengan kebutuhan anda.