Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Tips Memilih UPS Sesuai Kebutuhan

Posted Date, 3 November 2022

Editor: Ipin

Penulis: Ayu Wulandari, S.Kom

Tips Memilih UPS Sesuai Kebutuhan!

Tips Memilih UPS Sesuai Kebutuhan - UPS (Uninterruptible Power Supply) adalah alat untuk menyimpan daya dimana bila PLN mati, alat yang diback up oleh UPS tadi masih bisa tetap hidup. Beberapa fungsi UPS adalah sebagai berikut :
  1. Sebagai pengganti daya sementara bila terjadi gangguan pada sumber utama listik / PLN.
  2. Memberikan jeda waktu sampai hidup genset.
  3. Mengamankan alat- alat yang sensitive terhadap listrik padam tiba-tiba, seperti komputer yang kalau keseringan mati tiba-tiba dapat merusak PSU dan part lainnya.
UPS juga terdiri dari beberapa jenis diantaranya yaitu UPS Offline, UPS line Interaktive, dan UPS Online. Dari ketiga jenis UPS ini yang paling menarik untuk kita bahas adalah UPS online karena UPS online adalah UPS terbaik diantara jenis UPS yang  disebutkan sebelumnya. Apa itu UPS online? Ups online adalah UPS yang pengalihan dayanya zero transfer time, dimana saat listrik PLN padam langsung diambil alih oleh UPS tanpa ada jeda sama sekali. Dalam hal ini saat kita menentukan kapasitas UPS yang akan digunakan ketahui terlebih dahulu beban yang akan diback up oleh UPS. Misalnya untuk back up alat kesehatan berupa laser atau alat CT Scan misal 5000 watt maka kita tidak bisa ambil kapasitas yang sama kita harus ambil minmal 25 persen dari alat yang akan diback up oleh UPS. Hal ini untuk menjaga lonjakan beban yang mungkin saja terjadi, terlebih Power factor setiap UPS berbeda-beda.


Baca Juga:



Selain untuk back up alat kesehatan, back up komputer , back up alat-alat pemanas kebutuhan restoran dan cafe , UPS online ini juga ada yang didesain untuk kebutuhan Industrial. UPS Industrial ini biasanya terdapat isolation transformer atau biasa disebut trafo isolator, yang dimana trafo ini biasanya lebih kuat untuk back up alat-alat industri yang starting motorannya bisa dua kali lipat atau untuk beban-beban menanjak. UPS online ini juga biasanya sudah dilengkapi dengan fitur by phase dimana apabila UPS membutuhkan maintenance, UPS bisa dibypass terlebih dahulu. Biasanya UPS online with isolation transformer ini sangat cocok untuk alat kesehatan seperti alat CT scan yang tidak boleh tiba-tiba mati. Otomatis alat CT scan ini sangat membutuhkan UPS. Alat CT scan ini juga biasanya sangat berpengaruh terhadap gelombang harmonisa. Jadi UPS yang dibutuhkan juga harus THDnya < 3% Linear load.

Nah, apabila anda ragu dalam menentukan UPS yang sesui dengan kebutuhan anada, Anda bisa menghubungi PT. Indotara persada, PT. Indotara Persada adalah Distributor tunggal produk UPS Arakawa. Di Indotara sendiri menyediakan berbagai macam jenis produk UPS yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Di Indotara ada jenis UPS on line pure sinwave yang dapat disesuaikan dengan alat anda mulai dari yang kapasitas kecil 1000VA 1 phase(High Frequency) sampai puluhan bahkan ratusan KVA 3 phase(Low Frequency).  Garansi yang diberikan juga cukup panjang 3 tahun sparepart dan 1 tahun untuk battery.  Untuk UPS Arakawa sendiri sudah memiliki banyak fitur canggih diantaranya yaitu tampilan menu sudah touch screen, Smart Log dimana kita dapat melihat kapan UPS over load dan kapan UPS upnormal status. Apabila terjadi over atau under voltage UPS Arakawa juga mampu memproteksi sehingga UPS terhindar dari kerusakan. Yang terpenting untuk after sales, mulai dari jaminan ketersedian sparepart sampai teknisi yang handal. Segera dapatkan penawran harga terbaik dari kami. Apabila anda tertarik dengan produk UPS Indotara , anda bisa kunjungi website resmi kami di www.indotara.co.id.