Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Tips Merawat Dan Menjaga Agar Solar System Dirumah Tetap Menyerap Daya Listrik Maksimal

Posted Date, 15 Agustus 2022

Editor: Ipin

Penulis: Alex Lee

Tips merawat dan menjaga agar solar system dirumah tetap menyerap daya listrik maksimal

INDOTARA.CO.ID - Sebagai sumber energi yang bersih dan terbarukan, energi listrik dari matahari akan terus dihasilkan di wilayah khatulistiwa seperti Indonesia. Dengan penyinaran matahari terus menerus sepanjang tahun selama 12 jam per hari, tentu ini merupakan salah satu sumber energi yang sangat potensial dikembangkan di negara kita. Yang dibutuhkan adalah perangkat Panel Surya dan mengubahnya menjadi energi listrik menggunakan alat Inverter, yang dikenal dengan Panel Solar System.

Sumber energi baru dan terbarukan yang ramah lingkungan sebagai alternatif untuk penambahan suplai listrik yaitu Solar Panel System On Grid, Solar Panel System On Grid merupakan sistem Solar Panel yang terintegrasi dengan jaringan PLN, jadi tidak lagi diperlukan Battery sebagai media penyimpanan. Dimana yang kita tahu harga Battery masih relatif mahal dan perlu pergantian unit selama periode tertentu . Daya yang di dapat dari Solar Panel System On Grid sepenuh nya di gunakan untuk peralatan listrik di rumah tangga dan juga di expor ke PLN melalui Meteran dua arah atau yang di sebut juga Meteran PLN Expor Impor (KWH Meter Exim)

Pembangkit listrik tenaga surya itu konsepnya sederhana, yaitu mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Jadi tidak perlu maintenance seperti halnya pembangkit listrik Generetor lain nya.  Namun ada baik nya juga untuk merawat dan menjaga Solar Panel System di rumah agar tetap menyerap sinar matahari secara maksimal, berikut adalah tips-tips nya.
Menjaga Panel Surya tetap bersih dari kotoran debu dan kotoran yang melekat pada penampang Panel Surya dengan cara membersihkan pada pagi hari yang dimana Panel Surya belum menerima sinar matahari dan kondisi masih lembab terkena embun. kondisi ini memudahkan kita untuk mengangkat kotoran yang menempel pada Panel Surya.

Gunakan peralatan keselamatan jika posisi Panel Surya sulit di jangkau. Cara membersihkan Panel Surya bisa menggunakan air bersih dan alat wiper kaca dengan tuas yang panjang agar mudah menjangkau area Panel Surya, dengan cara menyiram penampang Panel Surya secukup nya dengan selang air lalu di usap menggunakan wiper kaca hingga bersih dari kotoran yang melekat.

Tidak ada aturan periode untuk membersihkan Panel Surya secara berkala, jika pada musim penghujan biasa nya debu dan kotoran yang melekat pada Panel Surya akan tersapu sendiri dengan bantuan air hujan, jadi kita tidak perlu repot repot untuk membersih kan Panel Surya. Pada musim panas biasa nya akan ada debu yang menempel pada penampang Panel Surya, jika di rasa debu dan kotoran tersebut cukup tebal dan menghalangi Panel Surya maka bisa kita lakukan pembersihan pada penampang Panel Surya.