Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Tips Untuk Perawatan Kompresor

Posted Date, 5 November 2022

Editor: Rosyid

Penulis: Adhitya Pangesti Aji, S.T

Tips Untuk Perawatan Kompresor

Tips Untuk Perawatan Kompresor - Kompresor udara adalah bagian penting dari bisnis - bisnis yang menggunakan alat tersebut sebagai alat produksi utama. Sayangnya, kompresor udara cenderung aus seiring waktu.  Seperti halnya peralatan unit atau mesin apa pun, perawatan yang baik untuk kompresor udara akan memastikan masa pakai yang lebih lama dan kinerja optimal. Tidak hanya itu, perawatan dengan baik dan benar juga akan memaksimalkan pekerjaan anda.

Untuk menjaga kompresor udara Anda tetap berjalan seperti baru, ikuti tips berikut :

Baca Buku Manual Penggunaan
Membaca buku panduan adalah langkah nomor satu dan yang paling penting. Kompresor udara berbeda secara signifikan dari model ke model, jadi memeriksa manual book terlebih dahulu akan memastikan Anda merawatnya dengan benar untuk spesifikasi model yang berbeda.

Buku Manual Penggunaan tentu akan merinci tips sederhana yang akan membantu untuk mendapatkan masa pakai yang lebih lama dari kompressor Anda dan akan memberikan petunjuk dan langkah-langkah penting yang mungkin tidak Anda ketahui. Dan, seperti yang saya sebutkan tentang interval waktu tertentu di mana perawatan perlu dilakukan untuk menghindari kerusakan lebih parah pada peralatan.
Periksa Setiap Hari Kompressor Udara Anda
Memeriksa peralatan Anda setiap hari, akan membantu Anda menghindari kerusakan pada peralatan. Penting untuk memeriksa peralatan secara menyeluruh, untuk setiap kerusakan yang mungkin terjadi, pemeriksaan dapat meliputi memeriksa selang, memeriksa kabel listrik, memeriksa tabung dan pipa, dan memastikan semua terkoneksi dengan baik. Kemudian, lihat kontrol, pengukur, aksesori, dan instrumen lainnya, pastikan tidak ada kerusakan atau pemasangan yang longgar.

Periksa Level Oli
Seperti mobil, banyak model kompresor udara memiliki indikator Oli untuk memantau level oli pada kompressor. Oli kompresor melumasi rotor atau komponen di dalamnya, dan mereduksi panas dari mesin. Salah satu yang diremehkan pemilik kompresor, adalah mereka tidak tahu bahwa oli juga bertanggung jawab untuk membersihkan udara dari debu dan partikel yang akan membuatnya melewati filter udara, intinya Oli kompresor harus diperiksa setiap hari, sebelum dioperasikan.

Periksa Filter Udara
Udara yang kita hirup mengandung jutaan partikel kotoran, debu, dan lainnya. Hal ini dapat menjadi masalah bagi kompresor udara dan menyebabkan kerusakan katup serta menimbulkan keausan yang tidak perlu.  

Filter udara yang kotor pada akhirnya akan menghambat kompresor dan memaksanya untuk bekerja lebih keras dari yang dibutuhkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa, memantau, dan mengganti filter udara tepat waktu. Filter udara harus diperiksa untuk penumpukan kotoran yang berlebihan setiap minggu, mengganti filter sesuai rekomendasi pabrikan. Hal Ini bisa setiap enam minggu atau 1.000 hingga 2.000 jam operasional tergantung pada modelnya kompressor udara

Periksa Kelembaban dari Tangki

Kompresor udara memiliki Tangki Udara, yang berfungsi untuk mengumpulkan kelembaban dari udara yang menumpuk saat kompresor sedang digunakan. Sebagian besar tangki memiliki satu atau dua katup untuk mengeringkan kelembaban ini, dan perawatan harus mencakup pengeringan setiap hari.

Jika setiap hari digunakan maka setelah unit beroprasi tidak salah jika mengurangi air hasil kondensasi dari tangki udara. Jika unit portabel, pindahkan ke posisi miring dengan saluran pembuangan di titik terendah. Perlahan-lahan buka saluran pembuangan dan buang air kondensasi dari tangki.
Baca Juga:
Perawatan penting lainnya untuk kompresor udara Anda juga meliputi:
    1. Dengarkan suara atau getaran yang tidak biasa.
    2. Kencangkan semua baut yang kendor.
    3. Periksa selang secara teratur dan perhatikan kebocoran.
    4. Uji sistem penonaktifan keamanan.
    5. Bersihkan tangki udara setiap hari.
    6. Periksa getaran pada kompressor apakah normal atau tidak.
    7. Periksa operasi kontrol sistem pada kompressor.
      Melakukan pemeriksaan rutin, tes, pembersihan, dan penyesuaian pada unit kompressor akan membantu menjaga kompresor udara Anda berjalan lancar. Semoga tips diatas dapat membantu anda dalam merawat kompressor agar tetap berfungsi dengan baik.