Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Ulasan Mengenai Beberapa Jenis Welding

Editor: Rosyid
ULASAN MENGENAI BEBERAPA JENIS WELDING
Proses penyambungan logam dengan menggunakan panas/tekanan yang bisa disebutkan dengan welding atau pengelasan. Welding yang kita gunakan adalah brand dari japan merk fujiweld yang menyediakan beberapa jenis welding yang memiliki garansi 1 Year ( electrical ). Berikut ada 4 jenis welding, antara lain :

Shielded Metal Arc Welding ( SMAW ) yang biasa digunakan dalam industri manufaktur. Dalam proses pengelasan SMAW biasanya dilakukan pada logam dengan ketebalan yang relatif tebal, seperti baja dan besi cor. Keunggulan dari Welding ini adalah dapat dilakukan dilokasi yang sulit dijangkau atau dilingkungan yang terbatas, teknik pengelasan ini relatif murah dan tidak memerlukan peralatan perlindung yang rumit. Ini disebabkan karena mesin las SMAW portabel dan ringan sehingga mudah dipindahkan ketempat satu dan tempat lainnya. Welding SMAW juga memiliki kekurangan yaitu menghasilkan produk yang memiliki waktu yang lebih lama dibandingkan teknik pengelasan lainnya, dikarenakan pengelasan SMAW hanya bisa mengelas sepanjang 2-4 Inch per menitnya.

Tungsten Inert Gas ( TIG ) yang biasanya untuk pengelasan logam tipis dan material yang sensitif terhadap panas, seperti alumunium, magnesium, dan baja tahan karat. Keunggulan dari Welding ini adalah cocok mengelas untuk mengelas berbagai jenis bahan, Termasuk logam yang tipis dan rentan terhadap korosi seperti alumunium dan baja tahan karat, Welding ini juga menghasilkan pengelasan yang sangat rapi dan terkontrol dengan baik. Kekurangan pada Welding ini memerlukan pengalaman dan keterlampilan yang sangat tinggi untuk menghasilkan hasil pengelasan yang berkualitas. Teknik Pengelasan ini juga memerlukan peralatan yang cukup mahal seperti pengelasan TIG, gas pelindung, dan filler metal.

Submerged Arc Welding ( SAW ) untuk metode pengelasannya yang menggunakan busur listrik diantara elektoda dan bahan kerja, tetapi bedanya, elektroda dilindungi oleh serbuk fluks dan titik pengelasan seluruhnya tenggelam didalam fluks tersebut. Keunggulan Welding ini dapat menyelesaikan pengelasan secara cepat dan efisien, terutama pada pengelasan dengan jarak yang cukup jauh, Pengelasan SAW dapat digunakan pada berbagai jenis logam dan ukuran bahan kerja. Welding ini juga memiliki kekurangan yaitu tidak cocok untuk pengelasan diarea sempit dan sulit diakses, Welding ini juga memerlukan peralatan yang cukup mahal, termasuk mesin pengelasan, tabung fluks, dan peralatan pengisian fluks.

Metal Inert Gas ( MIG ) biasa disebutkan dengan teknik pengelasan yang melibatkan penggunaan kawat pengelas sebagai elektroda dan gas invert sebagai perlindungan dari oksidasi. Keunggulan pada Welding ini dapat menyelesaikan pengelasan dengan cepat dan efisiensi, karena kawat pengelasan dapat mengisi celah dengan cepat, Welding ini juga cocok untuk pengelasan logam tipis dan juga untuk pengelasan pada bahan berbeda seperti baja, alumunium, dan stainless steel. Welding ini juga memiliki beberapa kekurangan yaitu pengelasan MIG memerlukan perlindungan gas sehingga pengelasan dalam lingkungan yang terkena angin tidak akan menghasilkan pengelasan berkualitas tinggi, ketika pelindungan gas tidak membentuk perisai yang cukup baik dan menyebabkan pori-pori dititik pengelasan.