Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Ups Dengan Back Up Time Eksternal

Editor: Ipin
UPS Dengan Back Up Time Eksternal UPS Dengan Back Up Time Eksternal - Uninterrutible Power Supply (UPS) atau dalam bahasa Indonesia adalah suplai daya bebas gangguan. Secara singkat peran dari perangkat ini adalah menyimpan dan menyadiakan daya alternative, cadangan daya atau backup ketika peralatan elektronik kehilangan daya secara tiba dari sumber listrik seperti PLN, solar panel atau genset. Perangkat ini menggunakan battery sebagai catuan daya alternativenya. Penggunaan perangkat UPS sangat berguna khususnya ketika sering mengalami pemadaman listrik atau listrik mati mendadak. Perangkat elektronik akan lebih terlindungi dan tidak cepat rusak.

UPS memiliki banyak jenis dan type, namun yang umum digunakan adalah UPS online. Untuk jenis UPS online ini merupakan jenis UPS yang lebih canggih daripada jenis UPS lainnya. UPS online menggunakan teknologi inverter di mana secara otomatis mengalihkan daya tanpa adanya jeda. Respon time untuk jenis UPS online ini tidak ada, atau tidak ada jeda sama sekali.

Jenis UPS Online ini sering digunakan oleh perusahaan besar dan para industry atau bisnis dyang memiliki banyak perangkat elektronik, terlebih yang memiliki perangkat banyak dan sensitive. Untuk harga jenis UPS ini lebih mahal dibandingkan dengan jenis-jenis sebelumnya. Seperti yang dijelaskan sebelumya jika catuan daya alternative yang digunakan UPS adalah battery, jadi perlu diketahui bahwa UPS juga ada yang memiliki battery internal dan battery eksternal karena UPS memiliki jangka waktu atau back up timenya.

Back up time eksternal merupakan perangkat tambahan untuk UPS agar dapat mem back up dengan waktu yang lebih lama. Perlu diketahui back up time standart UPS pada umumnya berkusar antara 5 menit hingga 10 menit tergantung dari produk itu sendiri. Namun, pada beberapa type UPS dapat di custom atau dimodifikasi sehingga mendapatkan back up time yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan. Untuk custom atau modifikasi ini pada unit UPS akan dipasangkan battery eksternal sehingga mengganti battery UPS yang asli. Battery tambahan ini biasanya yang digunakan adalah jenis AGM VRLA 12Vdc.

Sehingga sangat bisa menyesuaikan kebutuhan. Untuk UPS kapasitas kecil biasanya ideal back up time nya hanya sampai 30 menit saja sedangkan untuk UPS kapasitas besar jangkauan back up timenya bisa sampai 3 jam bahkan 5 jam menyesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan. Namun perlu diketahui back up time yang sudah di custom ini tentu saja akan menambah harga pada UPS karena semakin lama jangka waktu yang diinginkan semakin banyak dan besar juga daya battery yang digunakan sehingga harganya tetntu saja mengikuti. Oleh karena itu sebaiknya Anda membeli UPS yang sesuai dengan kebutuhan dan juga untuk pemasangan battery eksternal untuk back up time bisa dipercayakan kepada ahlinya agar tidak terjadi trip atau burning pada unit battery eksternal tersebut.