UPS PENUNJANG KESUKSESAN KERJA
Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

UPS PENUNJANG KESUKSESAN KERJA

UPS Arakawa Penunjang Kesuksesan Kerja

Di Indonesia bagian utara tepatnya di pulau Kalimantan bagian timur yaitu di kota Samarinda baru-baru ini sering terjadi pemadaman listrik tanpa pemberitahuan terlebih dahulu (mendadak). Tak ayal banyak warga/ masyarakat yang mengeluh akibat pemadaman listrik tersebut. Entah apa yang menjadi penyebabnya, tetapi dengan adanya peristiwa ini diakui oleh masyarakat sangat mengganggu aktivitas mereka yang berprofesi sebagai pekerja kantoran, ibu rumah tangga, dan kalangan masyarakat lainnya.

Dampak yang sangat besar terjadi pada masyarakat kota Samarinda yang berprofesi sebagai kontraktor dan arsitek. Pekerjaannya yang menuntut penggunaan komputer untuk mendesain bangunan proyek ini sering kali terganggu dengan adanya pemadaman listrik tiba-tiba karena mereka selalu mempunyai deadline atas pekerjaannya. Disamping itu, terkadang gambar desain yang sedang dikerjakan tidak tersimpan otomatis ketika listriknya padam.

Permasalahan seperti ini sudah sering terjadi jauh sebelumyang terjadi di kota Samarinda baru-baru ini. Maka dari itu untuk mensolusikannya manusia mengembangkan sebuah pemikiran/ide sehingga ditemukanlah alat yang dinamakan UPS (Uninterruptible Power Supply). UPS (Uninterruptible Power Supply) yaitu perangkat hardware yang berfungsi untuk menyimpan daya listrik dan membackup perangkat listrik lain menggunakan daya yang telah disimpan tersebut.

Berbagai spekulasi muncul dengan hadirnya UPS ini, salah satunya ada yang mengatakan jika memakai UPS memerlukan biaya yang lebih mahal untuk membeli UPS tersebut dibanding dengan membeli dan menggunakan GENSET+ATS (Automatic Transfer Switch).

Perbandingan UPS vs Genset
UPS 60kVA, Back Up timem 15 menit Genset 60kVA,
Back Up time sesuai bahan bakar yang ada
Rp. 331.750.000 Rp. 203.000.000

Terlihat perbedaan yang sangat signifikan, tetapi jika kita telaah kembali, kedua alat ini mempunyai fungsi yang berbeda satu sama lainnya. Pada saat listrik padam, UPS langsung membackup daya tanpa ada jeda padam pada perangkat yang terhubung dengan UPS tersebut, karena UPS mempunyai battery untuk menyimpan daya, kemudian komponen ini akan menyalurkan dayanya secara otomatis ke perangkat yang digunakan. Sedangkan GENSET tidak menyimpan daya seperti UPS karena tidak ada komponen battery atau komponen semacamnya, fungsi ATS nya pun hanya untuk menghidupkan GENSET secara otomatis saja. Jadi jika menggunakan GENSET, pada saat listrik dari PLN padam tiba-tiba, maka perangkat yang digunakan pun akan tetap mati walaupun hanya beberapa detik atau menit. Lain halnya jika menggunakan UPS, pada saat listrik dari PLN padam tiba-tiba, maka UPS secara otomatis akan menjadi sumber lisrik untuk perangkat yang digunakan, sehingga perangkat yang digunakan tidak akan mati.

Terbukti UPS merupakan sebuah alat yang optimal untuk menunjang kesuksesan kerja bagi para penggunanya. Maka dari itu UPS yang digunakan haruslah mempunyai kualitas yang baik dengan sparepart yang mudah didapat. Hanya di PT.INDOTARA PERSADA satu-satunya perusahaan distributor yang menyediakan UPS terbaik dengan spare part yang lengkap juga after sales yang memuaskan dengan brand dari ARAKAWA yang telah berhasil membackup daya listrik pada konferensi APEC di BALI pada tahun 2013 lalu.

 

Penulis : Yusuf Salama
Editor : Takiyudin

Banner parent Artikel Arakawa

Banner List Product Arakawa


Related Articles