Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

UPS Topologi dan Design

Editor: Fiki
UPS Topologi dan Design
UPS ( Uninteruptible power supply ) yang berfungsi sebagai cadangan daya listrik jika terjadi black out pada sumber utama( PLN). Dalam hal ini UPS sangatlah penting daam kehidupan sehari-hari, UPS biasa digunakan pada kantor-kantor atau pabrik untuk memback up alat-alat yang tidak boleh mati tiba-tiba. Dalam hal ini UPS terbagi kedalam beberapa topologi diantaranya:

1. Online UPS – VFI (Voltage and frequency Independent)


Pada online UPS, Arus Listrik yang masuk dari sumber daya listrik utama pertama- tama dikonversikan menjadi arus DC oleh sebuah komponen yang terdapat didalam UPS seperti rectifier atau penyearah. Arus DC tersebut kemudian diubah kembali menjadi arus AC melalui sebuah inverter atau pengubah frequency yang juga dilengkapi dengan system pengaturan tegangan dan frequency yang akurat.

Dengan menggunakan online UPS memberikan perlindungan yang paling lengkap dari gangguan listrik termasuk lonjakan, fluktuasi, noise dan blackout.  Adapun kelemahan dari UPS online adalag biaya yang lebih mahal dibandingan dengan UPS tipe lainnya. Selain itu UPS online membutuhkan perawatan secara berkala untuk menjaga UPS tetap dalam kondisi baik.

2. Line Interaktive UPS –VI  (Voltage Independent
)

Pada Jenis UPS Line Interaktive menggunkan teknologi elektronik untuk menstabilkan tegangan listrik dan menyediakan perlindungan terhadap gangguan listrik seperti lonjakan tegangan, fluktuasi, noise dan pemadaman listrik. Jenis UPS line interactive ini lebih murah dibandingkan UPS online.

Adapun cara kerjanya adalah ketika tegangan listrik utama turun UPS akan beralih kesumber daya cadangan ( Battery) dan mengkonversi arus listrik DC menjadi AC untuk menyediakan tegangan yang stabil dan tanpa gangguan kepada perangkat yang terhubung. Adapun kelebihan dari UPS Line interactive ini lebih murah dari type UPS online didalam perangkatnya juga terdapat AVR sebagai penstabil tegangan. Namun kelemahannya respontimenya lebih lama dari UPS type Online.

3. Offline- line UPS –VFD (Voltage and Frequency Dependent)

UPS Offline ( Standby UPS) adalah jenis UPS yang paling sederhana dan umum digunakan. UPS Offline menggunkan Relay dan Saklar untuk beralih kesumber daya listrik utama dan sumber daya listrik cadangan ketika terjadi pemadaman listrik. Pada saat tegangan listrik utama masih tersedia, UPS offline membiarkan pemadam listrik. Pada saat tegangan listrik utama masih tersedia, UPS offline membiarkan tegangan tersebut langsung mengalir keperangkat yang terhubung, Sementara battery cadangan diisi ulang.

Ketika terjadi pemadam listrik UPS offline secara otomatis  beralih kesumber daya cadangan dan engkonversi arus listrik DC menjadi AC untuk menyediakan  UPS Offline sangat cocok digunakan untuk peralatan yang tidak membutuhkan perlindungan tinggi. UPS Offline ini lebih murah dibanding jenis UPS lainnya. Design UPS pada UPS online terdapat inverter yang dirancang untuk diopreasikan secara terus menurus yang ouputnya berupa gelombang sinus.

Jenis UPS ini diklasifikasikan menurut EN/IC62040-3; Sebagai voltage dan frequency independent(VFI) karena operasi inverternya tidak terpengaruh oleh perubahan voltage dan frequency yang disupply oleh sumber utama. Selain inverter didalam online UPS juga terdapat rectifier atau penyearah. Dalam design online UPS berbasis transformer penyearah juga dibutuhkan untuk pengisian battery.

Lalu dimanakah kita bisa mendapatkan UPS dengan kualitas terbaik dan dengan harga yang terjangkau? Tentunya Anda bisa menghubungi PT. Indotara Persada, Indotara Persada adalah distributor tunggal UPS merek Arakawa. Tersedia dalam berbagai kapasitas UPS mulai dari untuk skala rumahan, office sampai Industrial UPS Indotara menyediakannya.

Untuk mendapatkan produk asli dan bergaransi resmi anda dapat mengunjungi website Indotara di www.indotara.co.id . Untuk produk UPS khusus type UPS Line Interaktive anda bisa mengunjungi market place PT. Indotara Persada seperti Tokopedia, shopee, atau Lazada. Ayo.. kunjungi website dan market place kami dan dapatkan penawaran harga menarik dari team sales dan marketing Indotara.