Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

X-Ray Security Equipment Definisi dan Kegunaannya

Editor: Fiki
X-Ray Security Equipment Definisi dan Kegunaannya
Secara umum X-Ray security equipment atau mesin X-Ray merupakan suatu peralatan yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi barang-barang yang tergolong kedalam barang berbahaya, contohnya seperti senjata api, obat-obat terlarang ataupun bahan peledak. Hasil scanner ini nanti akan tampil pada monitor display, gambar yang tampil biaanay memiliki beberapa warnaberdasarkan nomor atom  material yang dideteksi, warna oranye artinya material organic, warna hijau artinya material inorganic dan warna biru artinya percampuran antara keduanya.

Mesin ini juga biasanya kita lihat dioperasikan di tempat publik yang ramai, seperti bandara, stasiun, pusat perbelanjaan yang besar dan juga sekarang masuk ke beberapa kantor pemerintahan atau swasta. Hal ini dilakukan guna menambah kaeamaan extra dan penyalahgunaan barang berbahaya yang bisa terjadi di mana saja dan kapan saja.

Mesin X-Ray adalah mesin khusus yang dikembangkan untuk mendeteksi secara visual semua barang bawaan yang dibawa oleh orang-orang, khususnya penumpang pesawat terbang, penumpang kereta api dan juga pengunjung pusat perbelanjaan atau pengunjung kantor-kantor besar. Mesin ini juga diharapkan mempermudah pekerjaa pada bidang security karena sudah secara otomatis dan mempersingkat waktu dari pada dengan cara manual.

Salah satu jenis mesin X-Ray yang paling umum adalah mesin X-Ray yang memiliki conveyor belt, biasanya mesin ini ditemukan di bandara. Mesin ini bertugas melakukan scan pada barang bawaan penumpang yang menggunakan tipe instrument analis microscopy. Type microscopy ini merupakan sifat X-Ray yang memiliki gelombang elektromagnetik berenergi tinggi yang dapat menembus permukaan koper, tas atau ransel tanpa harus membuka sletingnya.

Kapabilitas microscopy ini dapat bekerja dengan baik untuk bahan seperti plastic,kain, dan kertas. Namun secara fungsi apabila mendeteksi sesuatu dengan bahan logam,  microscopy ini sebenarnya hanya mampu mendeteksi benda tersebut sebagai benda asing. Kemampuannya belum bisa membedakan mana bahan logam berbahaya mana yang tidak berbahaya. Rata-rata jenis ini masih dipakai di Indonesia.

Menurut peraturan yang berlaku mesin X-Ray yang digunakan harus memenuhi standart internasional kesehatan yang telah ditetapkan yaitu emisi radiasi harus dibawah 0,005uSv/h. Umumya peralatan X-Ray terbagi dalam beberapa bagian, diantaranya:

  1. X-Ray generator: berfungsi sebagai pembangkit sinar X yang digunakan untuk menembak objek yang dideteksi.
  2. L Shape: merupakan detector yang berfungsi mendeteksi sinar X yang melewati objek dan kemudian dirubah menjadi sinyal listrik.
  3. Image Processing: memiliki fungsi mengolah sinyal listrik yang telah dihasilkan oleh detector tadi menjadi gambar tamoilan pada monitor.
  4. Control Desk: berfungsi untuk mengoperasikan peralatan X-Ray secara keseluruhan mulai unit dinyalakan hingga dimatikan lagi, menggerakan conveyor belt sampai berfungsi dengan baik seperti (zooming, enhanced image, dan lain-lain).
  5. Conveyor System: berfungsi untuk mrmasukkan dan mengeluarkan objek yang dideteksi.
  6. Komputer Sistem: memiliki fungsi untuk mengatur software aplikasi dan sistem operasi peralatan X-Ray juga sebagai tempat menyimpan recording image yang dihasilkan.

Mesin X-Ray memang terlihat sederhana namun memiliki cara kerja yang kompleks dan terdapat fungsinya masing-masing. Jika Anda memiliki kebutuhan mesin X-Ray, Anda bisa menghubungi kami di PT. Indotara Persada. Kami menjual mesin X-Ray merk Gervix yang tentu saja bermutu tinggi.