Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Bagian-bagian Pada Mesin Bubut

Editor: Rosyid
Bagian Bagian Pada Mesin Bubut
BAGIAN BAGIAN PADA MESIN BUBUT
Definisi mesin bubut (Lathe Machine) adalah mesin yang dimana proses pekerjaan dengan memutar media kerja atau benda kerja pada sumbu rotasi untuk dilakukan proses kerja seperti memotong, Pengeboran, membuat Ulir luar atau Ulir dalam, pembubutan tepi, Serta Knurling (proses pembentukan pola), dengan proses pada alat Yang di terapkan pada media kerja untuk membuat pola atau objek simetris pada sumbuhnya.
Penjelasan bagian bagian pada mesin bubut, Mesin bubut terdiri dari kepala tetap dan meja. Berikut Penjelasannya.

Kepala Tetap atau Head Stock
Kepala tetap adalah componen utama pada mesin bubut yang di gunakan untuk mencekram pada poros utama, Yang di gunakan untuk mengerakan spindle pada porosnya. Pada componen kepala tetap inilah yang akan memutar media kerja yang di dalamnya terdapat roda gigi transmisi. Pada componen head stock ini terdapat bagian componen lainnya yang akan memudahkan kita melakukan pekerjaan. Seperti Motor pengerak mesin. Componen pengatur pemasangan roda gigi, Plat mesin, cekam (alat untuk menjepit atau memegang media kerja agar aman Ketika dilakukan proses pembubutan.

Selang coolant atau pendingin
Selang coolant ini berfungsi untuk menyemprotkan cairan coolant pada saat ingin membubut. Sedangkan cairan coolant berfungsi sebagai media untuk menstabilkan suhu pada mata sayat dan media yang di bubut agar componen mata sayat tidak cepat terkikis.

Tool post atau dudukan pahat
Toolpost ini berada di atas eretan yang berfungsi sebagai penjepit pahat bubut pada saat ingin melakukan proses pembubutan. Umumnya tool post ini terdapat dua tool post

Standar tools post
Standar Tool Post yang dimana untuk pengaturan ketinggian mata sayat mengunakan ganjalan.

Adjustable tool post
Adjustable tool post yang diamana proses pengaturan mata sayat tidak mengunakan ganjalan karena sudah memiliki componen mekanik yang berfungsi dapat mengatur ketinggian pahat.

Kepala lepas
Kepala lepas yang dimana berfungsi sebagai penompang media kerja dengan ukuran benda kerja yang panjang agar tidak terjadi pembengkokan pada benda kerja. Ada beberapa componen yang terdapat di kepala lepas yaitu center putar, Handwill, pengunci poros dan pengunci alas.

Eretan
Eretan yaitu componen pada mesin bubut yang berfungsi sebagai pengantar mata pahat bubut ke benda kerja dengan cara mengerakan secara manual atau otomatis sepanjang meja kerja.

Eretan alas
Eretan alas yaitu eretan yang terdapat pada alas mesin bubut yang dapat bergerak kekiri atau kekanan sepanjang alas mesin bubut yang digerakan secara otomatis atau manual.

Eretan lintang
Eretan lintang umumnya berada di atas dengan posisi melintang terhadap alas yang dimaksudkan gerakan melintang ini ialah secara otomastis dan manual dapat menjauh dan mendekati operator. Eretan lintang ini berfugsi sebagai pengatur ketebalan dan tipisnya pahatan.

Eretan atas
Posisi eretan atas berada di atas eretan lintang umumnya terdapat dua baut untuk mengikat mata bubut. Pada eretan atas ini dapat di putar 360° yang di sesuaikan dengan kebutuhan. Fungsi eretan atas ini dapat membuat tirus dengan sudut yang besar pada jarak yang pedek

Motor penggerak
Posisi motor pengerak ini berada di gearbox. Yang berfungsi memberikan tenaga untuk pengerak componen yang di sesuaikan dengan kebutuhan.

Tombol Emergency Stop
Pada umumnya mesin bubut memiliki tombol emergency Stop yang berfungsi sebagai tombol stop atau mematikan mesin bubut Ketika terjadi kondisi darurat pada mesin bubut. Tombol mesin bubut ini di rancang kusus sebagai keamanan dan keselamatan kerja Ketika dalam kondisi darurat.

Handle atau tuas
Umumnya tuas mesin bubut berbeda beda tergantung ukuran pada mesin bubut. Bagian bagian tuas mesin bubut pun juga memiliki fungsi yang berbeda yang disesuaikan dengan manual book atau template yang terdapat pada mesin bubut tersebut.

Rem kaki
Berfungsi untuk menghentikan mesin bubut. Rem kaki ini dapat digunakan pada saat mengulir dan berhenti pada posisi tertentu. Dalam posisi darurat rem kaki pada mesin bubut dapat di gunakan oleh operator untuk menghentikan mesin bubut.