Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Air Limbah Bisa Diolah Menjadi Air Bersih

Editor: Ipin
Air Limbah Bisa Diolah Menjadi Air BersihAir Limbah Bisa Diolah Menjadi Air Bersih - Di sekitar kita, semakin sulit menemukan sumber air bersih untuk memasak, mencuci peralatan dan pakaian, atau sebagai sumber konsumsi. Sebagian besar dari mereka tercemar oleh limbah industri dan domestik.

Pengolahan air limbah menjadi air bersih merupakan salah satu kegiatan masyarakat, terutama bagi masyarakat yang ingin meningkatkan kualitas hidupnya. Kegiatan ini bersifat pribadi dan komersial, dan tentunya menguntungkan semua penghuni lingkungan.

Bagaimana sebenarnya air limbah diolah menjadi air bersih saat ini? Apakah metode ini valid? Anda akan menemukan jawabannya di artikel selanjutnya. Ya!

Mengolah Air Limbah Menjadi Air Bersih.
Air limbah adalah definisi air yang tercemar oleh pengolahan limbah. Air jenis ini mengandung berbagai senyawa kimia, bakteri, virus, dan kuman penyebab perubahan warna dan bau. Jenis air ini sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh manusia.   Jika tidak dapat dihindari untuk mengolah air limbah dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari, air limbah perlu diolah untuk membersihkannya. Masyarakat sebenarnya mengetahui cara sederhana menyaring air yang menggunakan berbagai lapisan penyaring yang terdapat di alam. Namun, cara ini bahkan kurang efektif.   

Saat ini orang menggunakan metode penyaringan yang lebih modern di mesin yang canggih. Kami beruntung bisa belajar cara menyaring air limbah menggunakan teknologi terkini.   Pada dasarnya, konsep sistem penyaringan air yang digunakan dalam pembuatan dasar filter air saat ini terinspirasi dari metode penyaringan air tradisional. Saat ini, mesin seperti perangkat reverse osmosis (RO) dan perangkat ultrafiltrasi adalah perangkat penting untuk penyaringan dan pemurnian air. Pengolahan air limbah dengan peralatan berteknologi tinggi jelas lebih canggih dan tidak rumit. Meski harga mesin ini mencapai jutaan rupiah, namun semuanya serba otomatis dan target pasarnya umumnya para pengusaha yang bergerak di bidang pengolahan air.   Secara umum, langkah-langkah penjernihan air adalah:

Tahap pengolahan pertama:
Pada tahap ini, air dikumpulkan di tangki mata air dan disaring untuk kotoran yang berukuran besar dan tidak larut.

Tahap pemrosesan sekunder:
Yaitu, tahapan yang digunakan untuk menjernihkan air dari kontaminan terlarut dan tidak terlarut yang umumnya brukuran kecil hingga mikron.

Tahap pemrosesan akhir:
Ini adalah tahap pembersihan terakhir. Selama tahap ini, air benar-benar dimurnikan dari berbagai mineral. Airnya juga disterilkan agar bisa dimasukkan ke tahap pengolahan selanjutnya.

Air bersih dari pengolahan air limbah pada umumnya dapat digunakan untuk kegiatan normal. Namun, air tersebut tidak dapat dikonsumsi kecuali disterilkan lebih lanjut dan diolah sesuai dengan pedoman pengolahan air yang lebih ketat.

Metode pengolahan air limbah ini dapat mengurangi jumlah air limbah berlebih. Masyarakat bisa mendapatkan air bersih layak konsumsi dengan mengeluarkan uang ribuan rupiah untuk membeli air olahan hasil produksi instalasi pengolahan air limbah. Selain itu juga membuat lingkungan menjadi lebih sehat karena jumlah sampah dapat dikurangi. Singkatnya, metode pengolahan air limbah harus dijalankan dengan sangat baik agar banyak pihak dapat memperoleh manfaat dari proses tersebut.