Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Air Minum Aman Untuk Rumah

Posted Date, 17 Maret 2023

Editor: Fiki

Penulis:Kevin Gilland Haezer, S.T.

Air Minum Aman Untuk Rumah
Air minum yang berkualitas atau layak yaitu merupakan air minum yang terkandung dalam meliputi air ledeng atau keran, keran umum, hydrant umum, terminal air, penampungan air hujan ataupun mata air dan sumur yang terlindung, sumur bor atau sumur pompa, yang jaraknya minimal 10 meter dari pembuangan kotoran atau septitank, pembuangan limbah dan pembuangan sampah. Tidak termasuk air kemasan, air dari penjual keliling, air yang dijual melalui truk tanki, air sumur dan mata air tidak terlindung. Standarisasi rumah tangga dengan akses berkelanjutan teradap air minum layak adalah perbandingan antara rumah tangga dengan akses terhadap sumber air minum berkualitas atau layak dengan rumah tangga seluruhnya, dinyatakan dalam persentase.

7 dari 10 rumah tangga Indonesia mengonsumsi air minum yang terkontaminasi e-colli. Demikian hasil studi kualitas air minum rumah tangga di Indonesia. Studi tersebut dilakukan oleh pusat penelitian dan pengembangan upaya kesehatan masyarakat badan penelitian dan pengembangan kementerian kesehatan.

Kehidupan manusia tidak lepas dari tanah, air dan udara, tanah adalah tempat berpijak dan sumber dari segala bahan makanan yang ditanam pada tanah. Udara atau oksigen kita gunakan untuk bernapas dan bersama - sama darah mengalir dengan dipompa jantung menuju paru - paru dan seluruh tubuh untuk menyediakan zat-zat yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Volume air dalam tubuh manusia rata - rata 65% dari total berat badannya, dan volume tersebut sangat bervariasi pada masing - masing orang, bahkan juga bervariasi antara bagian-bagian tubuh seseorang.
Air adalah salah satu kebutuhan dasar bagi setiap makhluk hidup, tidak terkecuali manusia. Dapat dipastikan manusia tidak akan mampu bertahan hidup tanpa air, karena air merupakan salah satu elemen dasar yang menunjang proses metabolisme tubuh manusia. Ketergantungan manusia terhadap air bersih tidak hanya berhenti pada kebutuhan biologi semata.

Air memiliki fungsi peranan yang penting dalam perekonomian, seiring meningkatnya populasi manusia maka tingkat kebutuhan terhadap air bersih juga semakin tinggi. Pada saat ini di berbagai belahan dunia muncul fenomena kelangkaan air.
Ini merupakan standar air bersih atau air minum :

Syarat fisik, antara lain :
  1. Air harus tidak berkeruh dan bersihTIdak berwarna apapun
  2. Tidak ada rasa apapun
  3. Tidak ada bau apapun
  4. Suhu antara 10-25 derajat Celcius
  5. Tidak ada meninggalkan endapan
Syarat kimiawi:
  1. Tidak mengandung bahan kimiawi yang terdapat mengandung racunTidak mengandung zat zat kimiawi yang sangat berlebihan
  2. Cukup Yodium
  3. pH air antara 6,5 - 9,2
Syarat Mikrobiologi:
  1. Higienis dan aman
  2. Baik dan layak minum
  3. Memiliki jumlah yang cukup
  4. Harganya relatif terjangkau dan murah bagi sebagian besar masyarakat
  5. Parameter yang saat ini digunakan yaitu untuk metode dalam proses perlakuan, operasi dan biaya.
Parameter air bersih secara Fisika
  1. WarnaKekeruhan
  2. Endapan
  3. Rasa dan bauTemperatur
Parameter secara Biologi
  1. BakteriBinatang
  2. Tumbuh - tumbuhan
  3. Virus
  4. Protista
Parameter secara Radiologi
  1. PesistivitasPTT atau Kemampuan air bersih untuk menghantarkan arus listrik
  2. Konduktivitas atau pun daya hantar