Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Air yang baik untuk Boiler

Editor: Rio
Air yang baik untuk Boiler
Boiler adalah alat yang bekerja dengan cara memanaskan air, sehingga air menjadi mendidih dan menghasilkan uap. Dalam pemanfaatannya, uap ini bisa dijadikan sebagai tenaga penggerak. Selain itu ada juga yang memang memanfaatkan air panas atau mendidih dari boiler sebagai bahan baku proses produksi. Boiler memiliki beberapa bagian di antaranya tungku pengapian, steam drum, superheater, air heater, dust collector, pengatur pembuangan gas bekas, safety valve, sight glass, dan pembuangan air ketel.

Dalam pengoperasian boiler, diperlukan standard baku air yang sesuai dengan persyratan. Hal ini agar boiler dapat bekerja dengan baik tanpa ada masalah. Dan juga agar biaya operasional menjadi lebih minim sehingga meningkatkan efisiensi operasional. Air untuk boiler memiliki beberapa syarat, salah satunya adalah air tersebut harus terbebas dari zat yang dapat menyebabkan korosi atau kerak.

Untuk memperoleh air yang sesuai dengan syarat tersebut, harus menggunakan water treatment. Pada beberapa kasus, air diproses dengan menggunakan water purifier, atau ultrafiltration, atau reverse osmosis system. Akan tetapi, hal wajibnya adalah menggunakan water softener. Penggunaan water treatment tentu sangat penting, untuk menyaring partikel-partikel dalam air, sehingga air yang akan masuk ke boiler sudah memenuhi syarat.

Water softener merupakan water treatment yang wajib digunakan untuk boiler. Water softener bekerja dengan membuang calsium dan magnesium di dalam air atau yang biasa disebut dengan zat kapur. Dengan adanya water softener maka airnya akan soft dan terbebas dari zat kapur. Zat kapur sangat berbahaya karena bisa meninggalkan bekas dan menimbulkan kerak pada pipa maupun boiler. Jika hal ini terjadi tentu saja biaya produksi akan menjadi lebih mahal, air akan lebih lama mendidih, boiler bisa rusak, perlu biaya untuk membersihkan boiler serta jalurnya, dan lain sebagainya.

Water softener menggunakan resin sebagai media untuk menyaring calsium dan magnesium. Pada prosesnya water softener akan melakukan regenerasi dengan membilas resin dengan larutan air garam. Proses regenerasi ini akan membuat resin fresh lagi untuk bekerja menyaring calsium dan magnesium.

Water softener terbaik adalah merek Kusatsu. Kusatsu water softener tersedia dalam varian residential maupun industrial. Water softener juga biasa dikombinasikan dengan quartz sand dan activated carbon. Dengan menggunakan water softener, maka boiler anda akan lebih aman dan awet.

Kusatsu water softener bisa anda dapatkan di PT. Indotara Persada. Kami berkomitmen untuk memberikan layanan purna jual terbaik. Kami memiliki sparepart yang lengkap serta teknisi yang handal. Kualitas barang kami tidak perlu diragukan lagi. Kami memberikan garansi 1 tahun untuk elektrikal. Ingat, boiler anda perlu Kusatsu Water Softener. Andalkan Kusatsu dalam bisnis anda. Kusatsu siap berkontribusi untuk kemajuan bisnis anda.