Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Alasan Mengapa Perawatan Generator Itu Penting

Posted Date, 3 November 2022

Editor: Ipin

Penulis: Adhitya Pangesti Aji, S.T

Alasan Mengapa Perawatan Generator Itu Penting

Alasan Mengapa Perawatan Generator Itu Penting - Generator diesel adalah sumber daya yang sempurna , meskipun generator diesel kokoh, tahan lama, dan cukup andal, memastikan genset mendapatkan perawatan berkala sangat direkomendasikan sekali.

Banyak pengguna generator yang mengabaikan gejala kerusakan yang terjadi sampai pada akhirnya generator tidak dapat berfungsi lagi ketika terjadi pemadaman listrik.

Pemeliharaan preventif  yang rutin memungkinkan pengguna/teknisi untuk mencegah generator  mengalami kerusakan sehingga generator dapat digunakan kapanpun ketika dibutuhkan dan inilah mengapa alasan perawatan Genset itu sangat penting.

Pemeliharaan Generator memastikan fungsi pada Genset
Selain melakukan inspeksi visual, teknisi berpengalaman selalu memastikan untuk memiliki daftar checklist pada pemeliharaan generator yang memastikan bahwa mereka telah melihat beberapa aspek terpenting,seperti :
  1. Kecepatan mesin
  2. Penggantian filter oli dan filter udara
  3. Sabuk/belt, selang, saluran, konektor, dan aksesori lainnya
  4. Panel kontrol serta mesin
  5. Sistem pendingin
  6. Koneksi kabel pada generator
  7. Kabel baterai dan terminal baterai
  8. Sistem pembuangan, dan sebagainya
    Secara teratur memeriksa semua aspek ini akan memastikan bahwa generator Anda dapat bekerja secara optimal setiap saat.
Pemeliharaan Generator meningkatkan efisiensi generator Anda
Lebah, burung, tikus, ular, dan makhluk lainnya dapat memenuhi rumah genset anda terutama tikus. Tikus adalah hama yang sangat terkenal dan sering bersarang, kemudian menggerogoti kabel.  Lakukanlah perawatan yang tepat pada semua bagian generator yang Anda periksa dan bersihkan dari kotoran dan juga puing-puing yang berpotensi merusak genset sehingga kerusakan dapat dihindari.

lalu kemudian pastikan dilakukan pengetest-an setiap minggu minimal 1 - 2 kali untuk memastikan bahwa mesin genset bekerja sebagaimana mestinya. Bahkan, teknisi juga akan melepaskan baterai/aki generator dan menghubungkannya kembali untuk memastikan tidak ada masalah mendasar pada koneksi batterai. Melakukan maintenance sesuai dengan jadwal perawatan seperti yang direkomendasikan oleh Distributor genset juga akan membantu meningkatkan efisiensi generator.
Pemeliharaan Generator membantu mencegah masalah bahan bakar
Generator yang menggunakan diesel perlu dilakukan perawatan tangki bahan bakar, setidaknya dua kali setiap tahun. Ini karena bahan bakar memburuk seiring waktu, terutama ketika generator tidak digunakan dalam kurun waktu yang lama, anda disarankan untuk menguras sistem bahan bakar sepenuhnya. Perawatan secara rutin agar memastikan bahwa tingkat jumlah bahan bakar diperiksa, sehingga menghilangkan masalah yang timbul dari tangki bahan bakar.
Baca Juga:

Pemeliharaan Generator pada akhirnya menghemat uang Anda

Pemeliharaan genset secara teratur akan menghemat uang Anda. Oleh karena itu, demi kepentingan terbaik Anda untuk memastikan tugas perawatan dasar genset seperti mengganti filter bahan bakar, mengganti filter udara, cairan pendingin, pembuangan oli, mengganti filter oli, memeriksa pasokan bahan bakar, dll akan dapat membantu memastikan pengoperasian mesin yang mulus tanpa ada kebdala. Jika perawatan seperti itu diabaikan untuk waktu yang cukup lama, dalam kasus yang ekstrem, unit generator tidak akan dapat digunakan sama sekali dan Anda bahkan mungkin perlu mengganti seluruh unit sampai membeli unit baru.

Pemeliharaan Generator memperpanjang umur generator
Generator yang tidak terawat biasanya memiliki masa pakai yang lebih pendek. Pastikan pemeliharaan pada genset harus rutin dan menjaga periode shutdown tepat waktu, sehingga dapat membantu menghindari masalah ketika start up dan menjaga genset Anda berfungsi dengan lancar selama bertahun-tahun.

Pertanyaan yang sering muncul dalam perawatan Genset.
1. Seberapa sering generator diesel membutuhkan perawatan?
Pastikan untuk memeriksa generator anda,setiap enam bulan, atau setelah setiap 400 jam penggunaan. Jika tidak terlalu sering digunakan, maka harus tetap memastikan jadwal sesuai periodic maintenance.

2. Seberapa sering saya harus mengganti oli genset saya?
Disarankan agar oli mesin generator harus diganti setelah setiap 100 jam penggunaan. Jika anda sering menjalankan generator, anda harus mengawasi level oli sesuai banyaknya jam penggunaan genset anda. Saat melakukannya, pastikan genset dalam kondisi tidak menyala dan suhu mesin dalam temprature normal.

3. Seberapa sering Anda harus mengganti busi pada generator?
Seperti halnya dengan penggantian oli, busi generator diesel juga harus diganti setelah setiap 100 jam penggunaan. Pada setiap servis generator, teknisi harus memeriksa apakah busi aus atau retak, dan harus segera menggantinya jika itu masalahnya.

Demikian Artikel untuk perawatan Genset, semoga dapat membantu Anda untuk merawat Genset anda sedari awal. Agar tetap berjalan mulus dan mempunyai umur panjang.