Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Apa Itu UPS?

Editor: Ipin
Apa Itu UPS?
Apa Itu UPS?
Apakah kalian pernah mengalami pemutusan listrik secara tiba-tiba, terutama ketika kita sedang bekerja menggunakan komputer baik ditempat kerja maupun dirumah. Pemutusan listrik sangat merugikan bagi kita semua salah satunya adalah hilangnya data-data sampai bisa mengakibatkan kerusakan pada komputer. Lalu apa solusinya? Yap betul solusinya adalah UPS. UPS akan membantu kita ketika terjadinya pemutusan listrik dengan cara memberikan energi cadangan.

Maka dari itu mari kita simak ulasan dibawah ini agar kalian dapat memahami lebih dalam lagi mengenai UPS.

Pengertian UPS
UPS (Uninterruptible Power Supply) adalah alat elektronik yang menyediakan listrik cadangan sementara pada alat elektronik kita pada saat terjadinya pemutusan listrik. UPS juga memiliki respon yang sangat cepat jika terjadinya pemutusan listrik, maka dari itu kita tidak perlu khawatir lagi jika terjadi pemutusan arus listrik.

Berikut fungsi lain dari UPS adalah sebagai berikut:

  1. memberikan backup daya listrik agar kita bisa menghidupkan genset sebagai pengganti arus listrik dari PLN.
  2. sebagai alat untuk menstabilkan tegangan listrik. Tegangan listrik yang dikeluarkan biasanya lebih stabil dari stabilizer.
  3. Sebagai alat bantu dalam membackup data. Karena UPS memberikan kesempatan kepada kita agar dapat men save dan men shutdown komputer kita sesuai prosedurnya agar komputer kita tidak mudah rusak.

Macam-Macam UPS
Nah selain mengetahui fungsi dari UPS, kita juga harus mengetahui beberapa macam jenis UPS agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Berikut beberapa macam jenis dari UPS sebagai berikut:

UPS Standby(offline)
UPS jenis ini adalah Perangkat yang paling banyak digunakan karena cocok untuk pemakaian pribadi misalnya di rumah. UPS ini juga memiliki harga yang relatif murah dan terjangkau. Selain harganya yang terjangkau UPS ini juga memiliki keunggulan efisiensinya yang tinggi dan desain yang kompak. UPS ini juga memiliki kelemahan baterai akan tetap terpakai walaupun tidak digunakan dan tidak cocok dipakai pada alat elektronik yang diatas 2kva.

UPS Line Interactive
UPS jenis ini memiliki prinsip kerja yang sama dengan UPS sebelumnya, tetapi UPS ini sudah dilengkapi dengan sistem pengatur tegangan yang cukup baik secara otomatis. Tipe ini juga memiliki harga yang terjangkau dan biasanya digunakan oleh pengusaha atau pemilik bisnis kecil sampai menengah.

UPS Online
UPS online merupakan jenis UPS yang lebih canggih dari beberapa jenis ups sebelumnya karena telah menggunakan teknologi inverter, yaitu aliran listrik dari PLN yang kemudian dilanjutkan ke baterai dan dialirkan ke alat elektronik kita. UPS ini juga dapat membackup daya listrik tanpa memiliki jeda waktu peralihan dari PLN ke alat elektronik kita. Kelemahan dari UPS ini yakni harganya lebih mahal dari pada UPS lainnya.