Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Bagaimana Agar Mesin Cuci Awet?

Editor: Rio
Bagaimana Agar Mesin Cuci Awet?
Mesin cuci merupakan salah satu alat elektronik rumah tangga yang memudahkan untuk mengatasi masalah pakaian kotor. Seperti halnya produk elektronik lainnya, agar tetap awet, kita perlu menjaga dan merawatnya.

Melakukan perawatan pada mesin cuci Anda tidak terlalu sulit. Namun terkadang kita sering lalai dalam menggunakan dan merawat sehingga mengakibatkan mesin cuci mudah rusak dan memiliki umur yang lebih pendek dari yang seharusnya.

Lalu apa saja yang perlu kita ketahui tentang mesin cuci dan perawatannya agar lebih awet? Berikut adalah beberapa tips untuk perawatan mesin cuci:

Perhatikan dan perhatikan penempatan mesin cuci


Sangat penting dan langkah pertama dalam menentukan umur mesin cuci Anda adalah menempatkan mesin di lokasi dan lokasi yang benar. Penempatan yang tidak tepat dapat mempercepat kerusakan mesin cuci.

Menyesuaikan berat cucian yang dicuci pada kapasitas mesin

Kebiasaan terburu-buru mencuci pakaian di mesin cuci membuat kita sering kali terlalu banyak memasukkan cucian kotor ke dalam drum mesin cuci. Akibatnya, putaran drum mesin cuci terhambat. Selain merusak motor penggerak mesin cuci, hal ini tidak memungkinkan pembersihan cucian secara optimal.Selalu perhatikan jumlah cucian yang akan dimuat ke dalam mesin cuci pada satu waktu mengingat kapasitas mesin cuci yang tersedia.

Hindari memasukkan pakaian kotor ke dalam mesin cuci untuk waktu yang lama

Kebiasaan buruk lainnya adalah membiarkan pakaian kotor basah atau kering di mesin cuci terlalu lama. Jika Anda memasukkan pakaian kotor ke dalam mesin cuci, jika Anda tidak segera mencucinya, mesin cuci akan berbau tidak sedap. Dan baunya akan terus menempel di mesin, dan alhasil baju yang kita cuci selanjutnya juga akan bau.

Jangan tinggalkan mesin cuci dengan steker masih terhubung ke stop kontak

Kebanyakan orang mencolokkan steker listrik ke stop kontak listrik. Ini tidak dianjurkan. Kerusakan mesin cuci dapat terjadi dengan cepat, terutama saat menghidupkan kembali setelah listrik padam. Aliran arus yang tiba-tiba dengan lonjakan tegangan dapat memengaruhi mesin cuci, yang stekernya masih terhubung ke sumber listrik stopkontak. Untuk alasan ini, Anda tidak boleh menghubungkan steker ke stopkontak listrik saat tidak digunakan.

Lindungi bagian penting dari mesin cuci Anda

Panel kontrol dan modul PCB adalah bagian penting dari mesin cuci dan harus dilindungi dari air, busa sabun, atau deterjen. Selalu perhatikan dan bersihkan panel agar tetap bersih setiap saat.

Dan yang paling penting adalah menggunakan water treatment untuk memastikan air yang masuk ke mesin cuci terbebas dari residu yang bisa menimbulkan kerak pada pipa di dalam mesin. Penggunaan water treatment seperti water softener sangatlah penting. Air akan terbebas dari zat kapur. Zat kapur ini bisa menjadi kerak di saluran pipa, dan tentunya menghambat alur air. Selain itu dapat cepat merusak komponen dalam mesin cuci. Selain itu cucian baju pun menjadi tidak bersih dan bahkan bisa meninggalkan noda pada pakaian.

Water softener KUSATSU wajib Anda gunakan agar mesin cuci Anda awet.