Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Cara penggunaan mesin tapping

Posted Date, 12 September 2022

Editor: Ipin

Penulis: Yulianto Pratama, S.T.

Cara penggunaan mesin tapping

Cara Menggunakan Mesin Tapping - Tap ulir adalah alat yang digunakan untuk membuat ulir pada bahan yang sudah di tentukan. Sedangkan ulir itu merupakan alur ulir pada baut, sehingga dapat di simpulkan fungsi ulir yaitu sebagai alur masuknya ulir baut untuk mengikat bahan yang sesuai. Sedangkan cara menggunakan tap ulir di bagi menjadi 2 tergantung alat bantu, sebagai berikut :

1) Menggunakan Mesin Drilling dan Tapping.
Menggunakan tap ulir secara otomatis yaitu membuat ulir pada lubang yang di siapkan pada benda kerja menggunakan mesin bor/tapping. Adapun cara menggunakan mesin bor sebagai berikut :
  1. Gunakan terlebih dahulu alat pelindung diri seperti Helmet Safety, Face Shield atau kaca mata, Appron Dada, Sepatu safety dan Sarung Tangan kulit.
  2. Persiapkan juga alat bantu seperti palu, kunci chuck dan minyak pelumas.
  3. Siapkan benda kerja (bahan) yang akan di tap ulir dan pastikan bahan sudah di bor atau dilubangi dengan diameter sesuai tap ulirnya.
  4. Setting bahan pada ragum mesin bor, pastikan permukaan benda kerja rata atau tidak miring.
  5. Kemudian setting tap ulir pada chuck mesin bor sesuai ukuran tap ulir yang di butuhkan dan berilah pelumas pada ujung mata tap ulir untuk mempermudah proses tapping.
  6. Setelah semua siap, kemudian hidupkan mesin bor. Pastikan tap ulir centre tegak lurus terhadap lubang pada bahan yang akan di buat ulir sebelum mata tap di masukkan pada lubang bahan.
  7. Gunakan handle pada mesin untuk naik turun mata tap pada lubang bahan. Posisikan mesin bor diposisi putaran kanan, kemudian setelah mata tap tembus, rubah arah putaran mata bor menjadi putaran kiri agar memudahkan mata bor keluar dari lubang tanpa merusak.
  8. Saat melakukan tapping pada bahan jangan lupa memberi pelumas pada mata tap ulir supaya putaran mata tap lebih mudah dan awet.
  9. Setelah ulir terbentuk pada lubang bahan, lepas bahan dari meja kerja dan bersihkan area kerja.
Tap ulir manual adalah membuat ulir pada bahan dengan alat tap secara manual menggunakan alat bantu handle tap atau menggunakan kunci Inggris. Adapun cara tap ulir manual sebagai berikut :
  1. Gunakan alat pelindung diri seperti helmet safety, Face shield atau kaca mata, Appron dada, Sepatu safety dan sarung tangan kulit.
  2. Selanjutnya persiapkan alat bantu kerja seperti palu, handle Tap atau bisa juga kunci inggris dan minyak pelumas.
  3. Siapkan bahan yang sudah di lubangi untuk di tap ulir dan pasang bahan tersebut pada ragum di meja kerja supaya tidak bergeser dan pastikan permukaan benda kerja rata atau tidak miring.
  4. Kemudian pasang mata tap ulir pada Handle tap sesuai ukuran.
  5. Sebelum melakukan tap berilah pelumas pada ujung mata tap, kemudian masukkan mata tap ulir pada lubang benda kerja yang akan di buat ulir.
  6. Pastikan posisi tap ulir centre tegak lurus terhadap lubang bahan yang akan di buat ulir.
  7. Selanjutnya posisikan kedua tangan memegang Handle Tap kanan kiri secara seimbang, setelah menemukan posisi yang nyaman dan pas, lalu putar handle tap searah jarum jam.
  8. Putarkan handle tap secara bolak balik kanan kiri agar serbuk ulir bisa patah dan keluar dari lubang ulir. Hal tersebut bertujuan agar saat handle tap diputar tidak terlalu berat juga proses pembuatan ulir lebih mudah dan tidak merusak mata tap ulir.
  9. Setelah lubang pada bahan sudah di ulir proses selesai. lepas mata tap dari lubang ulir dan lakukan pembersihan di area kerja.

Pada pekerjaan membuat ulir secara manual bisa di lakukan dengan menggunakan alat bantu kunci Inggris sebagai ganti dari handle tap. Tapi kurang aman jika menggunakan kunci inggris karena ada resiko terpeleset pada saat tapping di lakukan. Demikian sedikit ulasan tentang cara tap ulir dengan mesin tapping dan manual. Semoga artikel ini bermanfaat untuk setiap pembaca.