Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Cara Merawat dan Maintenance UPS di Rumah

Posted Date, 16 Agustus 2022

Editor: Rio Arfiansyah

Penulis: Ilham Azizzurahman

Cara Merawat dan Maintenance UPS di Rumah

INDOTARA.CO.ID - UPS atau Uninterruptible Power Supply merupakan sebuah barang elektronik yang berfungsi sebagai penyedia listrik sementara. Pemakaian UPS pada saat ini sudah banyak digunakan pada skala rumahan bahkan skala industrial. Pemakaian UPS kini sudah menjadi salah satu barang elektronik yang terus dicari karena fungsinya yang dapat membackup atau dapat memberikan listrik sementara apa bila terjadinya putus listrik.

Pemakaian UPS sendiri tentu memerlukan perawatan yang cukup baik agar tidak merusak UPS itu sendri. Pada UPS terdapat beberapa komponen komponen yang bersifat habis pakai, komponen ini tentu setelah masa pakainya harus dilakukan perawatan dengan cara menggantinya dengan komponen yang baru agar tidak merusak device UPS itu sendiri.

Komponen komponen pada UPS yang bersifat habis pakai atau consumable adalah seperti kipas, kapasitor, dan battery. Ke tiga komponen tersebut sangatlah rentan apabila tidak dilakukannya perawatan yang cukup baik. Pemakaian UPS untuk skala rumahan saat ini sudah dapat dilakukan sendiri dirumah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara merawat UPS di rumah.
Membersihkan unit UPS secara berkala
Membersihkan UPS secara berkala sangat dianjurkan untuk merawat unit UPS agar bertahan lebih lama dan tidak mudah terjadinya kerusakan. Membersihkan UPS ini dapat dilakukan dengan beberapa alat yang tersedia di rumah seperti menggunakan kemoceng dan kain lap. Tujuan membersihkan UPS menggunakan kemoceng atau kain lap ini adalah untuk menghilangkan debu yang menempel pada unit UPS. Hal ini dilakukan agar membuat UPS tidak mudah rusak karena adanya debu yang menempel sehingga dapat memperlambat pergerakan kipas pada UPS dan dapat membuat UPS menjadi panas.

Baca Juga:

Penggunaan sesuai beban
Sebelum menggunakan UPS dalam pemakaian kebutuhan tentu hal yang harus diperhatikan adalah daya beban yang akan dipasangkan unit UPS, daya beban ini cukup berpengaruh pada kerusakan UPS apabila pemasangan dan pemakaian UPS tidak seusai dengan beban yang terpasang. Tentu hal ini akan membuat UPS menjadi overload dan dapat merusak UPS dalam jangka waktu dekat.

Sebelum melakukan pembelian UPS ada baiknya untuk memperhatikan mengenai garansi yang didapat, pastikan dalam pembelian UPS terdapat kartu garansi yang mencantumkan alamat tempat resmi agar dapat mudah dihubungi saat terjadi kerusakan serta ingin claim garansi. PT. Indotara Persada merupakan distributor tunggal UPS ARAKAWA yang berasal dari Taiwan dan berlisensi Jepang. Tentunya kami menawarkan pelayanan garansi selama 3 tahun full spare part dan servis untuk UPS ARAKAWA ini.

Dapatkan UPS ARAKAWA ini hanya di PT. INDOTARA PERSADA karena kami merupakan distributor tunggal dari merk ARAKAWA atau bisa membeli produk kami melalui via marketplace kami di Shopee, Tokopedia, BukaLapak, Blibli, Lazada dan Jd.Id.