Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Cara Merawat Sistem Solar Panel Agar Kinerja Solar Panel Tetap Maksimal

Posted Date, 8 November 2022

Editor: Ipin

Penulis: Harun Karim

Cara merawat sistem solar panel agar kinerja solar panel tetap maksimal

Cara merawat sistem solar panel agar kinerja solar panel tetap maksimal - Dijaman sekarang ini banyak dari masyarakat yang sudah mulai mengenal dan menggunakan solar panel, selain merupakan energy terbarukan untuk menggantikan listrik dari PLN penggunaan solar panel juga dilakukan untuk mengurangi estimasi tagihan listrik bulanan baik pada rumah tinggal atau pada kantor atau yang lainnya, dengan penggunaan solar panel yang sudah ditentukan oleh peraturan pemerintah. Cara kerja dari solar panel ini cahaya matahari diserap oleh papan panel kemudian listrik yang dihasilkan akan dialirkan melalui inverter dan disalurkan ke kwh net metering untuk didistribusikan kerumah atau pun perkantoran.

Papan solar panel biasanya ditempatkan diatap sebuah bangunan yang tinggi supaya tidak ada halangan dari bangunan yang lebih tinggi ataupun halangan dari pohon, hal ini bertujuan supaya papan solar panel dapat menyerap sinar matahari dengan maksimal, namun dengan tingginya penempatan papan panel membuat kita malas untuk membersihkan papan solar panel, hal ini dapat mengakibatkan kinerja dari papan  solar panel tidak dapat maksimal, karena bisa saja ada debu atau partikel lainnya yang menutup papan solar panel sehingga mengganggu penyerapan dari cahaya matahari
Baca Juga:

cara yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkan papan solar panel dari debu yang menempel dipapan solar panel, supaya daya penyerapannya dapat maksimal kembali, dan lakukan pemeriksaan pada  sistem kabel dari papan modul solar panel menuju inverter untuk memastikan tidak ada kabel yang copot atau terkelupas supaya tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Untuk membersihkan papan modul solar panel cukup dengan menyiram dengan air dan diseka dengan kain halus  supaya kerja solar panel dapat maksimal kembali. Dan lakukan pembersihan minimal seminggu sekali pada papan solar panel agar terhindar dari debu dan kotoran lainnya yang dapat mengganggu kinerja penyerapan cahaya matari oleh papan modul solar panel.

Sekarang ini banyak sekali perusahaan yang menyediakan penjualan solar panel, namun anda jangan sampai salah memilih dalam membeli untuk perangkat solar panel untuk bangunan yang ingin anda pasangkan solar panel. Di PT INDOTARA PERSADA menjual solar panel dengan merk ARAKAWA yang sudah banyak terjual dan sudah banyak dipasangkan pada bangunan dari customer PT Indotara Persada, dan anda dapat menggunakan tim survey sebelum melakukan pemasangan solar panel untuk menentukan arah cahaya matahari, rekomendasi dan penempatan yang panel PV yang tepat serta pemasangan solar panel dilakukan oleh tim engineer yang sudah berpengalaman dalam pemasangan solar panel. Untuk garansi, PT. Indotara Persada memberikan garansi inverter 5 tahun dan PV selama 12 tahun. Jadi tunggu apalagi segera hubungi PT Indotara Persada untuk pembelian produk solar panel dari ARAKAWA dengan harga yang terjangkau serta pelayanan yang memuaskan.