Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Cara Perawatan dan Maintenance Mesin Bubut (Lathe Machine)

Editor: Rosyid
Cara Perawatan dan Maintenance Mesin Bubut (Lathe Machine)
Halo para teman - teman dari PT. Indotara Persada, semoga teman - teman diberikan kesehatan selalu dan dilancarkan dalam segala hal ya. Artikel kali ini kami akan memberikan tips cara merawat dan maintenance untuk unit Mesin Bubut atau Lathe Machine, simak baik-baik agar teman - teman dapat mengerti dan memahami tahapannya.

Mesin bubut adalah mesin yang digunakan untuk memotong material bahan logam atau juga non-logam dengan cara menggerakkan benda kerja di sekitar poros utama. Mesin bubut tentunya perlu dirawat dan dipelihara secara teratur agar mesin tetap berfungsi dengan baik dan memberikan hasil kerja yang akurat dan maksimal.

Berikut adalah beberapa tips untuk merawat dan memelihara mesin bubut:

Bersihkan mesin secara teratur
Jika teman - teman sudah melakukan pembelian mesin bubut, tentunya untuk hal kebersihkan pastinya sudah harus wajib dijaga. Pastikan untuk membersihkan mesin bubut dari serpihan logam dan kotoran setelah setiap penggunaan. Hal ini akan sangat membantu memperpanjang umur mesin dan mencegah kerusakan pada komponen mesin, seperti bantalan, roda gigi, motor, pemutar dan plat pada mesin

Pelumas mesin secara teratur
Pastikan untuk mempelajari cara memberi pelumas mesin bubut dan mengikuti jadwal pelumasan yang direkomendasikan oleh tiap produsen. Pastikan juga untuk menggunakan pelumas yang sesuai dengan jenis mesin bubut yang teman - teman miliki. Dengan menggunakan pelumas yang tepat, dapat membantu mengurangi gesekan dan menjaga keawetan mesin.

Cek dan ganti filter oli secara teratur
Filter oli yang terdapat pada mesin bubut perlu diperiksa dan diganti secara teratur. Filter oli yang kotor tentunya  dapat menyebabkan berkurangnya kinerja mesin dan umur mesin juga

Periksa pengencang dan baut secara teratur
Pastikan untuk memeriksa pengencang dan baut pada mesin bubut secara teratur dan pastikan belt dalam keadaan yang baik dan tidak terlalu kencang atau terlalu longgar. Pengencang dan baut yang longgar dapat menyebabkan getaran dan kerusakan pada mesin.

Gunakan alat yang tepat
Pastikan teman -teman untuk selalu menggunakan alat yang tepat untuk memotong bahan pada mesin bubut. Menggunakan alat yang salah dapat merusak komponen mesin dan mengurangi kinerja mesin.

Pelajari cara mengoperasikan mesin dengan benar
Pastikan teman - teman  mempelajari cara mengoperasikan mesin bubut dengan benar dan mengikuti petunjuk yang diberikan. Hal ini akan membantu teman - teman untuk mencegah kerusakan pada mesin dan memastikan kinerja mesin yang optimal.

Periksa kondisi cutting tools

Periksa kondisi cutting tools secara berkala dan ganti jika sudah tidak layak pakai contohnya tumpul atau rusak. Cutting tools yang tajam juga dapat membantu menghasilkan hasil kerja yang baik dan memperpanjang umur mesin.

Periksa kondisi spindle
Pastikan juga bahwa spindle pada mesin bubut tidak terlalu kencang atau terlalu longgar. Pengecekan yang benar dapat membantu menghindari kerusakan pada spindle.

Berikut adalah tips cara merawat dan memilihara mesin bubut atau lathe machine, dengan teman - teman mempelajari artikel ini maka diharapkan teman - teman lebih paham lagi untuk cara perawatan dan juga bisa menyesuaikan sama kebutuhan teman - teman. Kami dari PT. Indotara Persada tentunya akan support terkait maintenance dan layanan purnajual. Teman - teman juga bisa konsultasi dengan team sales kami tentang hal tersebut.