Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Efektivitas Metal Detector Dalam Mendeteksi Objek

Editor: Rosyid
Metal detector  adalah alat atau  instrumen yang mendeteksi logam di dekatnya, selain benda dari logam juga benda lain yang memiliki kadar logam. Metal detector berguna untuk menemukan benda berjenis logam yang tersembunyi di benda lain atau benda logam yang terkubur di bawah tanah. Detektor logam biasanya terdiri dari perangkat portabel dengan sensor yang dapat berbunyi ketika ada objek logam yang terdeteksi.  Semakin dekat logamnya, maka semakin keras suara, atau semakin tinggi jarumnya pada indikatornya.

Cara kerja alat ini adalah dengan menggunakan gelombang elektromagnetik. Apabila terjadi perubahan gelombang yang tidak sesuai, maka akan di baca sebagai logam dan di deteksi lewat di lubang metal detektor. Jangkauan alat ini adalah 1 hingga 3.5 meter atau menyesuaikan dengan tipe dan spesifikasinya. Dengan kecanggihan yang tersebut diatas, dapat di simpulkan bahwa harga alat ini tidak main -main. Untuk mendapatkan metal detector terbaik, pengguna harus menggeluarkan dana yang tidak sedikit, bisa jutaan hingga puluhan juta sesuai dengan merek yang di pilih. Namun terdapat juga metal detector dengan haega ekonomis yang memiliki bentuk lebih kecil dan didesain khusus agar lebih praktis dalam penggunannya.

Karena memiiki banyak jenisnya, untuk metal detector ini juga terdapat type yang didesain agar memudahkan penggunanya menggunakan produk tersebut, salah satunya adalah handled metal detector, dimana metal detector jenis ini didesaindalam bentuk compact dan ringan sehingga mudah untuk dipegang dengan satu tangan dan mudah dalam pengoperasiannya. Seperti metel detector lainnya handled metal detector ini juga memiliki fungsi untuk mendeteksi benda logam, namun jangkauan atau jarak deteksinya juga terbatas, namun tidak mengurangi kemampuan dari benda ini untuk menemukan objek logam atau sejenisnya. Untuk perbandingan sensitivitasnya alat ini mampu mendeteksi benda dengan ukuran seperti paper clip. Dimensi dari alat ini tidak terlalu besar, untuk panjangnya berkisar diantara 49cm sampai 52cm dengan berat 350gram hingga 400gram.

Biasanya handled metal detector ini digunakan dalam jarak yang dekat dengan objek, pada umumnya sering kita temukan ketika security melalukan pemeriksaan dengan car mengayunkan alat mengelilingi objek, atau simplenya dalam jarak dekat, karena jangkauan alat ini berkisar antara 5cm hingga 10cm. Alat ini cukup sensitif dengan claim high, middle and low sensitivity teregantung objek apa yang dipindai, pada alat ini juga dilengkapi alarm, lampu dan getaran yang dapat diadjust sesuai dengan kebutuhan. Penggunaan alat ini sangat sering kita temukan dilokasi yang ramai setelah pemindaian dari swing barrier gate atau digital walkthrough metal detector. Untuk spesifikasi unit dan harga, dapat menghubungi sales PT Indotara Persada untuk mendapatkan penawaran terbaik.