Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

ELECTRIC MOTOR | DISTRIBUTOR ALAT BERAT INDONESIA

ELECTRIC MOTOR - Semenjak munculnya revolusi industri di Inggris pada abad 18 kini menyebar ke berbagai belahan dunia, mulai dari sektor pertanian, perikanan sampai industri rumahan sudah mulai beralih ke teknologi mesin. Selain lebih efektif dan efisien, mesin dianggap sebagai kemajuan jaman sehingga kini mulai berlomba-lomba untuk menggunakan dan mengembangkan teknologi mesin tersebut.

Baca Juga :
DEFINISI PENGELASAN MENGGUNAKAN LAS MIG


MANFAAT GENSET DI INDONESIA


MESIN LAS BERKUALITAS

Salah satu primadona dalam dunia industri adalah electrik motor, perlu diketahui elektrik motor berbeda dengan dinamo. Jika dinamo berfungsi untuk merubah energi gerak menjadi energi listrik maka electrik motor berfungsi merubah energi listrik menjadi energi gerak. Istilah simpelnya adalah “kebalikan dari istilah dinamo”. Sebagai contoh kita bisa lihat dalam konsep kipas angin, kipas angin dapat bergerak karena dialiri listrik, listrik sebagai sumber energi untuk menggerakan electrik motor tersebut.


Komponen Utama Electric Motor

Electric motor terdiri dari beberapa komponen utama didalamnya antara lain:

Electric Motor

A.
Stator
Stator adalah komponen dari electrik motor yang menjadi stasioner dari sistem rotor. Jadi stator biasanya mengelilingi rotor. Stator berupa gulungan kawat tembaga yang membentuk medan magnet berguna untuk mengatur perputaran rotor.
B. Rotor
Rotor adalah komponen atau bagian dari electrik motor yang berputar pada sumbu rotor. Rotor terdapat lilitan kawat dan medan magnet yang membuat rotor berputar, lilitan kawat dan diameternya mempengaruhi torsi dalam perputaran rotor.

Dan berikut adalah hal-hal yang perlu diketahui dalam electric motor antara lain :

Berdasarkan Sumber Tegangan
Berdasarkan sumber tegangan electrik motor dibagi menjadi 2 yaitu AC(Arus bolak-balik) dan DC ( arus searah). Untuk DC kita dapat mengambil contoh mini 4 WD atau kita kenal dengan “Tamiya” disitu sumber listriknya dari baterai(DC), untuk yang AC contohnya adalah kipas angin yang menggunakan listrik dalam hal ini listrik dari PLN atau Genset.


Menurut Arus Listrik

Menurut arus listriknya dibagi menjadi 2 yaitu 1 phase dan 3 phase. 1 phase mempunyai tegangan sebesar 220Volt sedangkangkan 3 phase mempunyai tegangan 380Volt. Untuk yang 3 phase digunakan untuk kebutuhan tenaga yang lebih besar.


Menurut Jumlah Pole (Kutub)

Pole adalah kutub magnet pada sebuah electrik motor, minimal satu pasang kutub utara + selatan, semakin banyak polenya semakin rendah rpmnya.

Contoh: 2 pole = 2825 rpm

      4 pole = 1400 rpm

      6 pole = 910 rpm.


Dalam perkembanganya electrik motor banyak diaplikasikan dalam dunia industri antara digunakan untuk kipas angin, mixer, hair dryer, penggerak turbin, bor listrik dan lain-lain. Dalam sektor pertanian electrik motor digunakan pada motor stater dan wiper. Motor listrik sangat membantu dalam menjalankan sebuah pekerjaan karena selain hemat dalam pemeliharaan juga mempunyai tingkat kebisingan yang rendah.

Di dunia industri dan yang lainya, electrik motor harus berstandart agar penggunaanya tidak menimbulkan efek negatif yang berlebihan bagi kehidupan. Ada berbagai macam standar anatara lain IEC dan NEMA, standart ini menjadi pedoman buat pelaku industri untuk memilih electrik motor yang berkualitas dan ramah lingkungan.

Seperti pada produk FUJITA ELECTRIC MOTOR yang satu ini. Desain produk FUJITA ELECTRIC MOTOR disesuaikan dengan IEC, standarisasi NEMA dan kebutuhan konsumen. FUJITA electric motor diproduksi menggunakan ultra precise machinery dan terbuat dari materi gulungan tembaga premium dan menggunakan NSK Bearing dari jepang.

FUJITA ELECTRIC MOTOR FUJITA ELECTRIC MOTOR
Fujita Y2 electric motor 3 phase Fujita ML Electric Motor 1 Phase
Untuk Harga, Tipe dan Spesifikasi FUJITA ELECTRIC MOTOR, Klik Disini

FUJITA ELECTRIC MOTOR memiliki dua jenis mesin dengan arus listrik 3 phase dan 1 phase. Electric Motor ini merupakan produk dengan kualitas tinggi. Terdapat berbagai desain dan dimensi untuk pengaplikasian yang berbeda. FUJITA ELECTRIC MOTOR dapat digunakan sebagai motor gabungan untuk industri dan mesin pertanian.

FUJITA ELECTRIC MOTOR telah digunakan oleh berbagai perusahan baik nasional maupun internasional, hal ini membuktikan kinerja dan kehandalan FUJITA tidak perlu diragukan lagi.

banner percayakan indotara

Penulis: ROBERT
Editor: IQBAL

FUJITA ELECETRIC MOTOR

FUJITA ELECTRIC MOTOR

 

 

 


Related Articles