Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Beberapa Tips & Trick Perawatan Genset Yang Baik

Posted Date, 15 Oktober 2022

Editor: Rosyid

Penulis: Azri Ardhian Tanjung, S.T

Beberapa Tips & Trick Perawatan Genset Yang Baik

Beberapa Tips & Trick Perawatan Genset Yang Baik - Pada dasarnya, prinsip kerja genset sendiri adalah mengubah tenaga mekanis menjadi tenaga listrik, yang dimana memiliki komponen - komponen bergerak yang harus dirawat. Genset yang tidak di rawat secara rutin dan teratur bisa mengakibatkan kerusakan dan sangat mungkin tidak dapat dipakai kembali, jadi tidak ada salahnya untuk mengetahui komponen mana saja yang harus diberi perhatian khusus.

Untuk mengoptimalkan perfoma Genset, ada beberapa tips dan trick perawatan genset yang baik dan benar agar tetap prima dan memiliki umur Panjang.

  • Penempatan Genset yang baik - Tidak menempatkan genset di Indoor atau dalam ruangan, karena karbon monoksida yang dihasilkannya dapat mengontaminasi kualitas udara di dalam rumah yang tidak boleh terhirup manusia. Sangat disarankan, peletakkan genset di luar ruangan dengan sirkulasi udara yang baik namun tetap terlindung dari hujan dan aliran udara tidak mengarah ke dalam ruangan.

  • Jaga Kebersihan Genset - Perawatan akan membuat Genset selalu bersih dari debu, oli dan berada pada kondisi optimal. Jangan biarkan kebocoran-kebocoran yang terjadi berlangsung lama, bersihkan debu atau kotoran yang menempel pada unit genset termasuk radiator. Jangan meletakkan barang yang tidak penting atau tidak diperlukan di sekitar genset.

  • Panaskan Genset Secara Berkala - Mesin genset harus dipanaskan secara rutin meski tidak sedang digunakan. Komponen Mesin dan perangkat elektronik seperti panel yang terdapat dalam genset dapat berkurang kinerjanya apabila genset tidak secara rutin dinyalakan. Setidaknya, genset perlu dipanaskan selama 5 sampai 10 menit setiap 1 minggu sekali agar sirkulasi pelumasan oli mesin dapat berlangsung dengan optimal dan aki pada genset tidak gampang soak.

  • Operasikan Genset dengan Benar - Bacalah buku manual atau buku petunjuk sebelum menggunakan Genset, pastikan Anda benar benar tahu bagaimana cara menggunakan genset sehingga tidak akan terjadi hal hal yang tidak diinginkan dan terjadi kerusakan pada Genset anda.

  • Pastikan Bahan Bakar Genset Pada Batas Aman - Persediaan bahan bakar pada tangki BBM harus diperhatikan dan dijaga pada level aman, jangan sampai BBM habis pada saat genset beroperasi.

  • Ganti Oli Secara Berkala - Oli pada mesin genset merupakan komponen yang sangat harus untuk diperhatikan, lakukan pergantian oli genset secara berkala mulai dari 50 Jam sampai 250 Jam pemakaian (tergantung yang direkomendasikan pada buku manual Genset anda) atau minimal 6 Bulan sekali. Termasuk penggantian Oil Filter, Fuel Filter, Water filter, Air Filter, dan Water coolant jika berkurang.


Baca Juga:


Tips Mematikan Genset 
Ada cara untuk mematikan genset yang perlu dilakukan dengan baik agar kualitas genset bisa tetap terjaga dengan baik dan genset bisa beroperasi lebih optimal. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah :

  • Turunkan MCB/Breaker Genset - Langkah pertama yang harus dilakukan dalam mematikan genset adalah menurunkan circuit breaker/MCB pada genset anda.

  • Tunggu 5 Menit Setelah Menggunakan Genset - Sebelum mesin Genset dimatikan anda harus menunggu kurang lebih 5 menit untuk mendinginkan mesin genset. Barulah Anda bisa mematikan mesin genset (tidak terkena panas, tidak terkena air, hindari udara yang lembab) agar tidak mudah rusak.
Demikianlah tips untuk merawat genset yang anda miliki agar tidak mudah rusak dan berumur Panjang. Dapatkan produk – produk genset yang berkualitas, bergaransi panjang dan memiliki ketersediaan sparepart yang terjamin hanya di PT. Indotara Persada.