Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Hemat Air Untuk Perkantoran

Editor: Fiki
Hemat Air Untuk Perkantoran
Pesatnya pertumbuhan jumlah industri dan perkantoran dewasa ini mengakibatkan kebutuhan dan penggunaan air terus meningkat setiap tahunnya. Pemerintah juga berupaya semaksimal mungkin untuk mengurangi konsumsi air di gedung dan perkantoran pemerintah, salah satunya dengan dikeluarkannya Instruksi Presiden (Inpres) No. 13 Tahun 2011. Inpres tersebut dikeluarkan untuk memberikan contoh kepada masyarakat dan pejabat pemerintah. Bekerja keras untuk mengubah perilaku boros dan menjauhi perilaku boros. Prinsip efisiensi energi dan air.

Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengidentifikasi upaya yang harus dilakukan untuk melaksanakan kegiatan konservasi air di gedung perkantoran. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang merupakan lembaga pemerintah nonkementerian telah melaksanakan Inpres tersebut dengan melakukan beberapa langkah untuk menghemat air. Unsur usaha yang paling penting adalah komitmen

Manajemen puncak mendukung penuh gerakan konservasi air. Melalui kampanye ini, BPPT secara signifikan mengurangi konsumsi air (38,13%) dan diakui sebagai bangunan hemat energi dan air dalam kompetisi Penghargaan Efisiensi Energi Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian ESDM.

AUDIT PEMAKAIAN AIR BERSIH :

Audit adalah pengumpulan dan evaluasi bukti tentang informasi untuk menentukan dan melaporkan bagaimana informasi tersebut sesuai dengan standar yang ditetapkan. Audit harus dilakukan oleh personel independen yang kompeten (8). Audit bertujuan untuk menilai semua kegiatan penggunaan air dalam hal konservasi, pemantauan dan seberapa efisien sumber daya digunakan. Inventarisasi data akan dilakukan dengan mengumpulkan data kondisi, kebutuhan air bangunan dan staf, dan kondisi keran, kamar mandi, toilet, dan lain-lain.

Berdasarkan data yang dikumpulkan, penggunaan air di gedung BPPT akan diolah, dianalisis dan dievaluasi, dan akan dibuat rekomendasi. Hasil audit air tersebut menghasilkan beberapa rekomendasi, antara lain :

  1. Pasang meteran air di beberapa tempat yang konsumsi airnya tinggi (kantin, dapur di   lantai tiga, kendaraan operasional kebersihan dan bus karyawan).
  2. Perbaiki dan ganti meter air yang rusak.
  3. Ganti keran manual dengan keran tekan/berhenti otomatis atau keran sensor.
  4. Membutuhkan berapa kali faucet self-stop dihidupkan, yang menghemat lebih banyak daya.
  5. Periksa secara berkala kondisi kran, urinal, shower, dan kloset, apabila rusak maka kebocoran dapat segera diperbaiki.
  6. Perlu dibangun alat penampung air hujan untuk mengurangi konsumsi air bersih PAM.
  7. Perlu dilakukan perbaikan sumur rembesan air limbah AC.
  8. Perlu mengurangi penggunaan selang dan menambah alat penyiram tanaman.

Penggunaan air tanah akan semakin meningkat di masa mendatang, sehingga perlu dipikirkan bersama solusi yang komprehensif untuk mengatasi kebutuhan air masyarakat DKI Jakarta. Alternatif yang mendapat banyak perhatian di banyak negara di dunia adalah penggunaan air limbah daur ulang, terutama limbah kota, sebagai sumber air baku untuk pasokan air.

Proses tersebut sangat cocok untuk aplikasi, terutama untuk unit perusahaan yang membutuhkan air bersih dalam jumlah besar. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari hasil daur ulang air limbah adalah sebagai berikut :

  1. Berkurangnya ketergantungan terhadap air PAM dan air tanah,
  2. Mengurangi penggunaan air PAM dan air tanah, sekaligus menghemat biaya pembelian air bersih,
  3. Mengurangi timbulan air limbah yang dibuang ke penerima air,Menghemat penggunaan sumber daya alam dan membantu melindungi lingkungan, dan lainnya.

Maka dengan persoalan yang ada dalam mewujudkan program pemerintah untuk mewujudkan penghematan air,maka di sini perusahaan atau perkantoran bisa mengolah air tanah atau limbah menggunakan water treatment untuk di jadikan air bersih bahkan sampai layak di minum (konsumsi).

Kami memeliki solusi yang dimana kami menyediakan produk water treatment untuk melakukan pengolahan air menjadi air bersih hingga sampai di minum yaitu mesin water treatment KUSATSU.

Produk yang kami tawarkan sangat membantu keluhan untuk mendapatkan air bersih yang layak untuk di minum mesin Reverse Osmosis Kusatsu.Jaminan terbaik untuk menjawab keluhan untuk mendapatkan air bersih untuk diminum.