Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Jenis - jenis pekerjaan yang membutuhkan mesin milling

Posted Date, 15 Oktober 2022

Editor: Ipin

Penulis: Adhitya Pangesti Aji, S.T

Jenis - jenis pekerjaan yang membutuhkan mesin milling

Jenis Pekerjaan Yang Membutuhkan Mesin Milling - Tujuan dari adanya Mesin Milling (Frais) yaitu untuk menghasilkan benda kerja dengan permukaan yang benar – benar rata atau bentuk lain yang spesifik. Untuk Cara kerja mesin milling dapat dikatakan mirip dengan cara kerja mesin bor (drilling), yaitu pemotong nya sama – sama bergerak atau berputar saat beroperasi.

Pada proses pengeboran atau drilling, benda kerja atau benda yang akan dibentuk ditekan dengan pisau pahat atau pemotongnya sehingga material yang terkena akah terpahat dari arah vertikal maupun sudut.

Sedangkan pada mesin milling, pengoperasiannya seperti mesin drilling tersebut dan dapat mempertahankan sudut yang sama tetapi bergerak ke samping.Dengan mesin milling, arah potongan umumnya tetap vertikal, tetapi arah pemotongan berjalan horizontal.

Proses milling dapat digunakan untuk berbagai macam pekerjaan, seperti logam, kayu, dan plastik. Industri yang menggunakan mesin milling juga beragam seperti pekerjaan logam, dirgantara, produsen teknologi kesehatan, pekerja kayu, dan lain sebagainya.


    Baca Juga:


    Singkatnya, mesin milling adalah salah satu alat mesin work shop atau mesin perkakas yang berfungsi sebagai berikut :
    1. Untuk meratakan permukaan suatu benda kerja.
    2. Memperbesar lubang benda kerja atau membuat lubang pada bidang.
    3. Membuat alur pada benda kerja dapat dilakukan dengan alat pendukung mesin.
    Berikut ini beberapa jenis pekerjaan yang dapat dilakukan mesin mililing di industri yaitu seperti.
    1. Roda Gigi untuk pembuatan roda gigi tentu dapat dilakukan oleh mesin Milling namun secara bertahap dari gabungan teknik – teknik Pemotongan diatas.
    2. Bidang Rata Datar dimana pisau berputar dan benda bergerak melakukan langkah pemakanan atau cutting pada bidang yang menghasilkan sisi rata pada bagian atas.
    3. Bidang Rata Miring Menyudut untuk cara kerja nya sebenarnya hampir sama dengan poin pertama, namun perbedaan di Bidang Miring dapat dikerjakan dengan memiringkan benda kerja pada ragum.
    4. Bidang Siku / persegi beraturan, pada bentuk siku atau bentuk – bentuk persegi misalnya membuat segienam, segiempat , dan sebagainya dapat dilakukan dengan mesin milling namun dengan alat bantu kepala pembagi. Untuk membuat bentuk beraturan dapat dilakukan pada posisi mendatar dengan menggunakan pisau khusus yaitu pisau endmill atau jika dilakukan dengan posisi tegak dapat dilakukan menggunakan pisau shellendmill.
    Sebenarnya ada banyak klasifikasi dari mesin milling, karena itu ada baiknya anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan, karena fungsi dan aksesoris untuk jenis pekerjaannya yang beragam mungkin anda akan mengalami kebingungan dan kendala dalam memutuskan mana yang cocok dan sesuai kebutuhan, dan jika anda merasa bingung untuk memutuskan mesin milling seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan maka sebaiknya anda mencari bantuan dari rekan yang lebih ahli atau bisa dengan membeli dari tempat yang sudah tidak diragukan lagi, yang tentu mempunyai Pelayanan yang bagus, mempunyai Showroom sebagai tempat display, dan tentu mempunyai After sales dan juga tekhnisi yang siap membantu ketika mesin membutuhkan maintenance / kendala, dan bisa dihubungi setiap saat ketika ingin konsultasi mengenai mesin.

    Demikian beberapa jenis pekerjaan yang dapat dilakukan oleh mesin milling, semoga dapat membantu anda dalam menentukan mesin milling yang sesuai dengan kebutuhan.