Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Kerusakan Battery AGM-VRLA pada UPS

Posted Date, 16 Maret 2023

Editor: Ipin

Penulis: Ayu Wulandari, S.Kom.

Kerusakan Battery AGM-VRLA pada UPS
Kerusakan Battery AGM-VRLA pada UPS - UPS (Uninterrupptible Power Supply) adalah suatu perangkat yang berfungsi untuk memback up suatu alat atau listrik yang tiba-tiba saja mati. Pada umumnya UPS yang beredar dipasaran adalah UPS yang berfungsi untuk memback up komputer atau mesin- mesin Industri sebagai alat produksi, dimana alat produksi ini tidak bisa mati tiba-tiba bila terjadi black out pada listrik PLN.  Untuk UPS sendiri penyimpan daya sementaranya ada pada battery, Akan tetepi battery yang ada pada UPS ini sering terjadi kerusakan. Biasanya kerusakan terjadi karena kurangnya maintenance atau perawatan. Untuk salah satu perawatan berkala yang biasa dilakukan adalah mengecek AH battery yang terdapat didalam UPS atau diluar UPS yang mungkin menggunkan jenis battery external. Biasanya life time battery 1 atau 2 tahun memang sudah harus diganti normalnya. Akan tetapi kerusakan sering sekali terjadi sebelum masa pakainya habis. Yang pada umumnya umur battery ini bisa 1 atau 2 tahun masa pakainya karena battery menggelembung atau rusak 6-9 bulan sudah harus ganti. Karena battery menggelembung tadi otomatis performa UPSnya juga sudah pasti akan menurun.

Adapun penyebab umum kerusakan battery adalah:

1. Voltase Listrik

Voltase atau tegangan listrik PLN yang tidak stabil biasanya akan berpengaruh terhadap battery UPS, Battery UPS bisa cepat menggelembung karena dalam pengisian battery bisa berulang-ulang cycle akibat listrik yang naik turun. Misal suatu alat dibackup oleh UPS terjadi gangunag tegangan diluar dari range UPS maka alat tadi akan langsung diback up oleh UPS ( Mode Battery) tidak melalui listrik PLN lagi sampai listrik PLN stabil baru alat akan diambil alih otomatis oleh listrik PLN. Hal ini dapat terjadi apabila UPS tersebut sudah memiliki inverter dan sensor yang mumpuni. Ada sebagian UPS apabila listrik tidak stabil alat yang diback up bisa langsung mati terlebih alat tersebut sangat sensitive terhadap listrik yang tidak stabil. Setelah listrik stabil maka UPS akan mode charging lagi. Jika hal ini berulang-ulang terjadi sehari bisa cycle beberapa kali, maka hal inilah yang membuat battery UPS menggelembung atau rusak.

2. Beban (Load)

Beban yang diberikan ke UPS harus sesuai dengan kapasitas. Kita harus tahu terlebih dahulu beban yang akan diback up oleh UPS berapa watt. Menggunakan jenis motoran starting dari jenis apa lalu total dari beban dibagi ke power factor UPSnya. Dalam hal perhitungan kapasitas ini harus lah sesuai dengan kebutuhan. Karena perhitungan kapasitas sangat berdampak pada UPS. Apabila over beban sangat berpengaruh terhadap performa UPS, apabila over beban terus berlanjut maka akan berimbas kebattery UPS. Over load yang berkelanjutan otomatis akan berdampak pada battery UPS, battery UPS AHnya turun lama kelamaan menggelembung. Battery yang sudah menggelembung dipertahankan lama- kelamaan akan terjadi kebocoran battery.

3. Suhu ruangan

Seperti yang kita ketahui alat electrical apapun pasti butuh tempat yang memadai dalam hal penempatannya. Maka pada Alat UPS tertentu ada batas suhu yang disarankan. Karena ini juga berpengaruh terhadap kinerja battery. Disarankan UPS yang mengeluarkan hawa panas sebisa mungkin diletakkan diruangan berAC . Suhu yang terlalu tinggi diluar yang direkomendasikan juga berpengaruh terhadap life time battery.

Demikian pembahasan mengenai penyebab kerusakan battey pada umumnya. Lalu dimanakah kita bisa mendapatkan UPS dan battery yang berkualitas dengan harga yang terjangkau? Tentunya anda bisa menghubungi PT. Indotara persada. PT. Indotara persada adalah distributor tunggal UPS merek Arakawa. Untuk jenis UPS yang disediakan juga beragam, mulai dari UPS untuk rumahan yang 1 phase sampai untuk kebutuhan Industri Indotara juga menyediakan. Untuk UPS Industri merek Arakawa jenis batterynya bisa dicutome sesuai dengan kebutuhan back up timenya. Untuk UPS rumahan atau office dengan kapsitas atau jenis listrik 1 phase ada yang internal battery ada juga yang external battery, bisa dicustome sesuai dengan kebutuhan. Untuk after sales tidak perlu diragukan lagi karena Indotara yang menangani langsung. Untuk garansi dengan masa garansi yang cukup panjang yaitu 3 tahun sparepart battery 1 tahun. Selain itu  Indotara juga memiliki teknisi yang handal dibidang electrical. Jadi untuk perbaikan dan maintenance sudah tidak perlu diragukan lagi. Ayo…Segera dapatkan produk original UPS Arakawa hanya di www.indotara.co.id