KOMPONEN UTAMA KOMPRESOR PISTON
Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

KOMPONEN UTAMA KOMPRESOR PISTON

KOMPONEN UTAMA KOMPRESOR PISTON - Kompresor merupakan sebuah alat yang menghasilkan udara bertekanan. Sumber energi dari kompresor bisa berasal dari listrik maupun bahan bakar. Kompresor sering kita jumpai di bengkel mobil atau sepeda motor, industri tekstil, dan lain-lain. Dalam menggunakan kompresor, tentu tidak ada salahnya, dan akan lebih baik jika kita mengetahui komponen-komponen penting dari kompresor. Berikut ini beberapa komponen penting dari kompresor :

Baca Juga :
PENANGANAN MASALAH KOMPRESOR PENDINGIN


DISTRIBUTOR PUSAT JUAL KOMPRESOR UNTUK BISNIS TAMBAL BAN


JUAL AIR DRYER KOMPRESOR

KOMPONEN UTAMA KOMPRESOR PISTON


KOMPONEN UTAMA KOMPRESOR PISTON

  1. Frame (Kerangka)

Kerangka berfungsi sebagai tempat dudukan poros engkol, bantalan, silinder, serta tempat penampungan minyak pelumas.



  2. Crank Shaft (Poros Engkol)

Berfungsi untuk mengubah gerakan rotasi (berputar) menjadi gerak translasi (lurus bolak-balik).



  3. Connecting Rod (Batang Penghubung)

Connecting rod berfungsi untuk meneruskan gaya dari crank shaft ke batang torak melalui cross head. Agar mampu menahan beban ketika kompresi, connecting rod harus tahan bengkok dan juga kuat.



  4. Cross Head (Kepala Silang)

Cross head berfungsi untuk meneruskan gaya dari connecting rod ke batang torak. Cross head bisa meluncur di bantalan luncurnya.



  5. Cylinder (Silinder)

Cylinder merupakan tempat kedudukan dari water jacket dan cylinder liner.



  6. Cylinder Liner (Liner Silinder)

Ketika piston torak melakukan proses ekspansi, pemasukan, kompresi, dan juga pengeluaran memerlukan lintasan. Lintasan yang dimaksud adalah Cylinder Liner.



  7. Front and Rear Cylinder Cover

Gas atau udara yang ada di dalam silinder perlu ditahan agar tidak keluar. Untuk menahannya diperlukan silinder cover pada bagian front dan rear.



  8. Water Jacket

Water jacket merupakan ruangan di dalam silinder yang berfungsi sebagai tempat bersirkulasinya air sebagai pendingin.



  9. Piston (Torak)

Piston atau torak merupakan part yang berperan untuk menghandel gas atau udara pada proses suction (pemasukan), compression (kompresi), dan discharge (pengeluaran).



  10. Piston Rings (Cincin Torak)

Gas atau udara yang berada di antara dinding cylinder liner dan permukaan torak seringkali mengalami kebocoran. Dengan adanya piston rings ini kebocoran akan berkurang.



  11. Piston Rod (Batang Torak)

Piston rod atau batang torak berfungsi untuk meneruskan gaya dari cross head ke piston.



  12. Packing Rod (Cincin Penahan Gas)

Dalam pergerakan piston rod dan berhubungan dengan bagian yang diam yaitu cylinder, kebocoran gas bisa saja terjadi karena adanya clearance atau celah dari kedua bagian tersebut. Untuk menahan kebocoran tersebut diperlukan packing rod yang terdiri dari beberapa ring segment.



  13. Ring Oil Scraper

Dengan adanya ring oil scraper, maka kebocoran minyak pelumas pada frame dapat dicegah, dan itulah fungsi dari ring oil scraper.



  14. Compressor Valve (Katup Kompresor)

Compressor valve bekerja membuka dan menutup secara otomatis. Hal ini terjadi karena terjadinya perbedaan tekanan antara bagian luar dan dalam dari cylinder. Compressor valve mengatur masuk dan keluarnya gas atau udara.


Itulah tadi beberapa komponen penting dari kompresor. Dalam memilih kompresor, pilihlah kompresor SHIGEMITSU dari PT. Indotara Persada. Kompresor Shigemitsu terbukti handal dan memiliki beragam tipe yang sudah pasti sangat aman untuk digunakan. Produk jual kompresor Shigemitsu bergaransi 3 Tahun. Kami juga menyediakan teknisi serta sparepart yang lengkap.

KLIK DISINI UNTUK LIHAT SPESIFIKASI DAN HARGA JUAL KOMPRESOR ANGIN


banner percayakan indotara

Penulis: PETRUS
Editor: IQBAL

Banner Piston Compresor Shigemitsu

Banner List Product Compressor Artikel


Related Articles