Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Manfaat Buah Harus Dicuci dengan Air yang Layak

Posted Date, 24 November 2022

Editor: Ipin

Penulis: Kevin Gilland Haezer, S.T.

Manfaat Buah Harus Dicuci dengan Air yang Layak

Manfaat Buah Harus Dicuci dengan Air yang Layak - Manfaat buah dicuci dengan air yang layak atau bersih, mengonsumsi buah segar menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, serat dan antioksidan untuk menjaga kesehatan. Sebelum kita makan, buah segar harus dicuci dengan air bersih yang mengalir untuk menghilangkan residu yang bisa masih menempel pada buah. Dalam beberapa tahun terakhir, wabah penyakit bawaan pada makanan telah terjadi karena bakteri pada buah. Masyarakat yang makan produk yang terkontaminasi dapat jatuh sakit dan bahkan memerlukan opname pada rumah sakit. The Food and Drug Administration Amerika Serikat memperkirakan sekitar 48 juta orang dipercaya setiap tahun sakit karena makan makanan yang masih terkoontaminasi. Itulah alasan mengapa harus mencuci buah sebelum memasak atau juga memakannya. Pentingnya mencuci buah dan sayur dengan air yang layak atau air yang bersih ini seperti yang dikutip dari laman Live Science, spesialis kemanan pangan dari north Carolina state university, Benjamin Chapman.

Masyarakat ada yang berpendapat bahwa membilas dengan air mengalir saja sudah cukup, namun ada sebagian lain yang merasa harus membersihkan buah dan sayur dengan sabun khusus sebelum di konsumsi. Tentu banyak kotoroan yang menempel dan paling penting banyak buah-buahan yang di semprot pestisida. Menurut ahli gizi alasan apaling penting untuk membilas dan menggosok buah-buahan adalah untuk melindungi diri dari bibit penyakit makanan. Tujuan dari mencuci dengan benar adalah untuk mengurangi bakteri dan mencegah bakteri penyakit seperti E Coli. Waktu terbaik untuk mencuci produk adalah segera sebelum dimakan atau dimasak. Hindari membilas dan menyimpan bahan makanan di dalam kulkas, karena makanan akan lembab sehingga sempurna bagi bakteri untuk tumbuh. Walau buah dan sayur ditanam secara organic tidak menggunakan pestisida, namun sayuran tersebut memiliki kontaminan dari tanah.


Baca Juga:



Gunakan air yang mengalir dan gosok buah-buahan dan sayuran untuk menghilangkan kotoran dan mukroorganisme di permukaannya. Jika buah  berkulit keras, gunakan sikat buah. Hindari penggunaan air panas yang dapat memungkinkan mikroorganisme memasuki batang ujung buah.Tidak disarankan mencuci menggunakan sabun dikarenakan sabun pencuci akan menjadi residu baru yang menempel.

Buah-buahan adalah makanan sehat yang menghasilkan vitamin, mineral, serat dan antioksidan ke dalam tubuh. Sebelum makan buah segar, sudah ada anjuran untuk membilasnya dengan air agar menghilangkan residu yang tidak diinginkan dipermukaan buah. Mencuci buah-buahan dalam air dingin sebelum memakannya adalah cara yang baik dalam hal kebersihan kesehatan dan keamanan makanan. Perhatikan bahwa buah segar tidak boleh dicuci sampai waktu yang tepatm sebelum anda siap untuk memakannya. Mencuci buah sebelum menyimpannya dapat menciptakan pertumbuhan bakteri baru.

Mencuci buah harus dengan air yang sudah terjamin bersih. Gunakan filter air KUSATSU untuk menjadi air di rumah anda bersih dan layak dipakai untuk mencuci buah.