Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Manfaat Dalam Penggunaan Solar Panel Pada Skala Residential

Posted Date, 5 November 2022

Editor: Rosyid

Penulis: Ilham Azizzurahman, S.T.

Manfaat Dalam Penggunaan Solar Panel Pada Skala Residential

Manfaat Dalam Penggunaan Solar Panel Pada Skala Residential - Tenaga surya merupakan salah satu bentuk energi alternatif terbaru. Tenaga surya pada saat ini mulai banyak digunakan oleh kalangan masyarakat khususnya masyarakat di Indonesia karena dinilai lebih bersih dan tidak menghasilkan gas emisi. Penggunaan tenaga surya dilakukan dengan cara menyerap cahaya atau sinar dari matahari yang dilakukan dengan alat Bernama photovoltaic atau biasa kita kenal dengan PV yang berupa kepingan panel kemudian diubah menjadi energi listrik DC yang selanjutnya dialirkan menuju inverter. Inverter ini bertugas mengubah arus listrik DC menjadi arus listrik AC yang dapat digunakan pada peralatan elektronik rumah tangga. Penggunaan solar panel kini sudah banyak digunakan masyarakat khususnya pada skala residential karena dinilai memiliki banyak manfaat dalam penggunaan solar panel ini. Berikut adalah manfaat yang didapatkan dalam penggunaan solar panel pada skala residential :

PENGHEMATAN DALAM TAGIHAN LISTRIK BULANAN
Keuntungan atau manfaat yang pertama dalam penggunaan solar panel ini adalah penghematan dalam tagihan listrik bulanan. Dengan menggunakan solar panel biaya tagihan listrik perbulan akan dihemat dan dapat berkurang hingga mencapai 50%. Hal ini dikarenakan pada penggunaan solar panel pengguna tidak hanya bergantung pada lisrik yang diberikan atau dihasilkan dari PLN saja sehingga dapat dilakukan penghematan atau pengurangan biaya hingga 50% tersebut.

RAMAH LINGKUNGAN
Keuntungan selanjutnya dalam penggunaan solar panel ini adalah solar panel merupakan teknologi yang ramah akan lingkungan. Mengapa bisa ? karena dalam penggunaan solar panel ini tidak menghasilkan gas CO2 atau karbon dioksida yang menyebabkan efek rumah kaca. Selain tidak menghasilkan gas CO2 solar panel juga tidak menimbulkan efek polusi baik polusi udara maupun polusi suara, hal ini dikarenakan penggunaan solar panel hanya menggunakan paparan dari panas sinar matahari saja.

SUMBER ENERGI YANG TERBARUKAN
Keuntungan ketiga adalah solar panel merupakan energi yang dapat terbarukan karena dalam penggunaannya dapat digunakan selama adanya sinar matahari dan dimana kita tahu sinar matahari akan selalu muncul dan sifatnya tidak terbatas.

INVESTASI DALAM JANGKA PANJANG
Penggunaan solar panel ini dinilai dapat menjadi investasi kelak dimasa mendatang karena selain dapat menghemat dalam segi pengurangan biaya tagihan bulanan, solar panel juga dapat menambahkan nilai pada rumah atau nilai jual nantinya. Karena selain penggunaan fungsinya untuk menghemat tidak sedikit orang mengatakan pemasangan solar panel juga untuk meningkatkan daya tarik pada rumahnya.

Baca Juga:

    Pada saat ini sudah banyak perusahaan perusahaan yang menjual solar panel dengan merk tertentu, namun perusahaan kami PT. INDOTARA PERSADA sebagai salah satu distributor tunggal merk ARAKAWA yang berasal dari Taiwan dengan memiliki lisensi langsung dari Jepang menjual produk solar panel dengan kualitas tinggi dengan keunggulan yang jauh diatas merk lain. Selain keunggulan dalam unit atau produk solar panel kami, Indotara memiliki keunggulan khusus yaitu semua teknisi kami merupakan engineer yang sangat professional dan bertangung jawab dalam pemasangan instalasi solar panel. Dapatkan informasi lebih lengkap di website kami https://www.indotara.co.id/