Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

MEMILIH KOMPRESOR UDARA YANG SESUAI DENGAN KEBUTUHAN

Memilih Kompresor Udara Yang Sesuai Dengan Kebutuhan artikel

Sebelum kita memilih untuk membeli kompresor,sebaiknya kita mengetahui jenis-jenis dari kompresor yang ada di sekitar.Dan juga harus mengetahui kompresor yang tepat untuk aplikasi anda.Jenis kompresor udara yang umum ada di pasaran,adalah Reciprocating Compressor(Menggunakan Piston) dan Screw Compressor(Menggunakan Ulir).
Dari segi harga unit kompresor piston lebih murah di bandingkan dengan kompresor screw. Kompresor screw memiliki biaya maintenance lebih rendah.Kompresor screw dapat di operasikan 24 jam nonstop,berbeda dengan kompresor piston yang hanya memiliki maksimal waktu pengoperasian ± 8 jam. Untuk pemakaian dengan kapasitas Air Delivery yang besar biasanya jauh lebih bagus menggunakan tipe screw.Kompresor screw biasanya di gunakan pada industri-industri besar.
Kompresor udara secara umum juga memiliki pembagian jenis berdasarkan sumber daya-nya.Ada kompresor udara yang menggunakan Gasoline Engine(Mesin yang menggunakan bensin) dan menggunakan Daya Listrik.

Gasoline Engine
Memilih Kompresor Udara Yang Sesuai Dengan Kebutuhan artikel2
Kelebihan dari kompresor udara gasoline engine adalah dalam pengisian udara nya tidak memerlukan daya listrik,sehingga dapat digunakan dimana saja.Dari segi harga awal tipe kompresor udara gasoline engine ini sedikit lebih murah. Kekurangan dari kompresor udara tipe ini adalah suara yang di hasilkan pada saat kompresor sedang bekerja jauh lebih berisik.Dan kompresor udara gasoline engine ini masih menggunakan cara manual dalam menyalakan mesin nya.
   
Daya Listrik
Memilih Kompresor Udara Yang Sesuai Dengan Kebutuhan artikel3
Untuk tipe kompresor udara yang menggunakan daya listrik ini memiliki kelebihan dalam sistem operasinya,kompresor udara tipe ini memiliki sistem otomatis menyala dan mati dalam pengisian udara.Kekurangan dari kompresor tipe ini adalah tidak dapat berada di tempat yang tidak memiliki saluran daya listrik. Kompresor juga bisa di bagi menjadi dua jenis berdasarkan udara keluaran nya,pertama adalah Compressor OIL FREE dan Air Compressor biasa.Compressor OIL FREE adalah jenis kompresor yang memiliki udara keluaran yang bebas dari oli.Biasanya kompresor OIL FREE digunakan untuk Laboratorium , makanan dan Medical.Dari segi harga tipe OIL FREE lebih mahal.

Jadi yang paling penting sebelum kita memutuskan untuk membeli sebuah kompresor adalah
1.   Mengetahui pada tekanan udara berapakah yang anda butuhkan
Apakah Kebutuhan akan tekanan udara nya di perlukan selama 24jam nonstop?
2. Mengetahui berapakah Debit udara (Air Delivery) yang anda butuhkan
Berapa kebutuhan debit udara (Air delivery) yang anda perlukan
3. Menyesuaikan dengan budget yang anda miliki
budget yang dimaksud meliputi biaya awal, maintenance dan lain-lain
4. Menyesuaikan dengan kualitas udara yang diperlukan

Apakah kebutuhan udara yang anda perlukan bebas dari oli atau tidak
5. Menyesuaikan dengan tipe kompresor yang anda perlukan seperti kompresor portable
6. Memperhatikan sumber tenaga yang dibutuhkan kompresor
Banyak jenis kompresor yang ada dipasaran seperti menggunakan bensin atau listrik

Setelah mengetahui lebih lanjut mengenai hal-hal di atas maka akan jauh mempermudah kita dalam pemilihan kompresor udara yang kita butuhkan,jangan sampai kita memilih atau membeli kompresor yang kapasitasnya kurang dari kebutuhan kita.

Penulis : Fransiskus

Editor : Takiyudin

Banner Piston Compresor Shigemitsu
Banner List Product Compressor Artikel


Related Articles