Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Mengenal Jenis Jenis Stabilizer

Posted Date, 24 November 2022

Editor: Ipin

Penulis: Ilham Azizzurahman, S.T.

Mengenal Jenis Jenis Stabilizer

Mengenal Jenis Jenis Stabilizer - Penggunaan alat elektronik untuk kebutuhan rumah tangga kini semakin banyak digunakan dan semakin hari semakin berkembang teknologinya. Beberapa peralatan rumah tangga yang menggunakan arus listrik dan biasa kita jumpai ini seperti kulkas, mesin cuci, AC, rice coocker dan banyak alat elektronik lainnya yang sangat dibutuhkan dalam rumah tangga memiliki lonjakan tegangan saat pertama kali dinyalakan. Lonjakan arus yang tidak stabil ini akan dapat merusak barang elektronik sehingga sangat penting bagi para pengguna barang elektronik dalam menggunakan stabilizer.

Stabilizer atau automatic voltage regulator memiliki peranan dan fungsi yang sangat penting yaitu menjaga voltase listrik agar tetap dalam keadaan stabil, sehingga peralatan elektronik rumah tangga akan tetap awet dan terhindar dari kerusakan akibat arus yang tidak stabil. Stabilizer sendiri memiliki beberapa macam type , pada kesempatan kali ini saya akan membahas macam macam atau jenis jenis stabilizer :

Stabilizer Servo Motor
Stabilizer servo motor dapat dilihat dari namanya stabilizer ini menggunakan servo motor untuk dapat menjaga kestabilan listrik. Cara kerja stabilizer ini adalah dengan memutar motor sehigga mendapatkan tegangan yang stabil dan membutuhkan waktu sekitar dua sampai lima detik untuk mencapai titik kestabilan itu.

Stabilizer Relay
Stabilizer relay merupakan stabilizer yang bekerja dengan memakai atau menggunakan relay relay dan travo secara otomatis, saat input tegangan input naik maka salah satu relay akan mengalirkan listrik ke travo untuk menurunkan tegangan tersebut agar menjadi stabil, begitupun sebaliknya jika tegangan input ini rendah atau turun makan relay akan mengalirkan listrik tersebut ke travo untuk dinaikan tegangannya sehingga tengan tersebut akan tetap stabil.


Baca Juga:


Stabilizer Digital Control
Stabilizer jenis ini merupakan stabilizer yang menggabungkan dua system yaitu system relay dan juga transistor untuk menstabilkan tegangan. Stabilizer ini dinilai cukup atau bahkan lebih canggih dari stabilizer relay dan stabilizer ini memiliki filter didalamnya.

Stabilizer Ferro Resonant / Line Conditioner
Stabilizer jenis ini merupakan stabilizer yang sangat canggih dibandingkan dengan ketiga jenis stabilizer sebelumnya. Stabilizer ini memiliki respon yang sangat cepat dalam memberikan kestabilan pada beban bahkan hamper dapat menyentuh angka 0 detik dalam memberikan kestabilan. Stabilizer ini juga dinilai lebih stabil dibandingkan dengan ke tiga stabilizer diatas dan dapat menyaring listrik lebih baik. Stabilizer ini juga menggunakan trafo isolasi dan juga kapasitor didalamnya.

Pada saat ini sudah banyak perusahaan perusahaan yang menjual stabilizer dengan merk tertentu, namun perusahaan kami PT. INDOTARA PERSADA sebagai salah satu distributor tunggal merk ARAKAWA menjual stabilizer dengan kualitas tinggi dengan keunggulan yang jauh diatas merk lain. Dapatkan stabilizer ARAKAWA ini hanya di PT. INDOTARA PERSADA atau bisa membeli via marketplace kami di Shoppe, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Lazada dan Jd.Id.