Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Mengenal Sistem Redundant Paralel Pada Sistem UPS

Posted Date, 24 November 2022

Editor: Ipin

Penulis: Ilham Azizzurahman, S.T.

Mengenal Sistem Redundant Paralel Pada Sistem UPS

Mengenal Sistem Redundant Paralel Pada Sistem UPS - Sebelum saya membahas mengenai system redundant parallel pada system UPS saya akan menjelaskan apa itu UPS dan apa fungsi dari UPS itu sendiri. UPS atau Uninterruptible Power Supply adalah sebuah system penyedia listrik sementara dikala listrik utama mengalami pemadaman atau black out. UPS merupakan sebuah alat yang sangat penting untuk alat elektronik yang sangat rentan terhadap kerusakan apabila listrik langsung mengalami pemutusan. UPS dapat memberikan backup daya sementara sesuai dari kebutuan pengguna, normalnya UPS dapat memberikan daya sementara selama 5 menit namun tidak sedikit atau bahkan banyak pengguna menggunakan UPS untuk backup daya lebih dari 5 menit bahkan mencapai hitungan jam.

UPS sendiri dianggap sangat penting bagi beberapa perusahaan besar dan juga pabrik pabrik besar di Indonesia, perusahaan besar ini salah satunya adalah perusahaan penyedia jasa informasi, jasa telekomunikasi dan perusahaan jasa jasa yang membutuhkan alat elektronik sebagai alat utama dalam pekerjaannya.

Fungsi utama UPS sendiri yang mana kita tahu sudah dijelaskan dalam pembahasan diatas yaitu untuk membackup atau memberikan atau menyediakan sementara listrik untuk alat alat elektronik agar terhindar dari kerusakan akibat pemutusan listrik yang secara mendadak. Selain menyediakan listrik sementara bagi alat alat elektronik UPS sendiri juga memiliki fungsi seperti stabilizer yaitu menstabilkan tegangan apabila terjadi perubahan tegangan pada input.


Baca Juga:


Setelah mengenal apa itu UPS dan apa saja fungsi utama dari UPS, kini saya akan membahas system pada UPS salah satunya ini adalah system redundant, system redundant pada UPS terbagi menjadi dua yaitu system redundant secara seri dan system redundant parallel. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas salah satu system redundant pada UPS yaitu system redundant parallel. Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui apa itu sistem redundant parallel, system redundant parallel merupakan system pada UPS yang akan selalu mendapatkan supply power dan system redundant parallel ini merupakan system yang pada saat maintenance tidak akan mengalami gangguan.

System redundant parallel ini banyak digunakan atau diterapkan pada system yang rentan atau kritis yang tidak membolehkan down secara tiba – tiba. Konfigurasi pada system redundant parallel UPS ini memiliki rumus atau formula N+1 dimana N pada rumus ini merupakan modul yang terpasang dan modul yang bekerja mensupply power menuju ke beban, sedangkan +1 pada formula ini merupakan UPS yang akan bekerja apabila salah satu UPS mengalami gangguan. Penerapan system redundant parallel ini berlaku pada UPS 3 phase sedangkan UPS 1 phase tidak dapat menerapkan system ini.

Sebelum melakukan pembelian UPS ada baiknya untuk memperhatikan mengenai garansi yang didapat, pastikan dalam pembelian UPS terdapat kartu garansi yang mencantumkan alamat tempat resmi agar dapat mudah dihubungi saat terjadi kerusakan serta ingin claim garansi. PT. Indotara Persada merupakan distributor tunggal UPS ARAKAWA yang berasal dari Taiwan dan berlisensi Jepang. Tentunya kami menawarkan pelayanan garansi selama 3 tahun full sparepart dan servis untuk UPS ARAKAWA ini. Dapatkan UPS ARAKAWA ini hanya di PT. INDOTARA PERSADA karena kami merupakan distributor tunggal dari merk ARAKAWA atau bisa membeli produk kami melalui via marketplace kami di Shoppe, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Lazada dan Jd.Id.