Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Metal Detector: Definisi, Fungsi dan Jenisnya

Editor: Fiki
Metal Detector: Definisi, Fungsi dan Jenisnya
Kita mungkin sudah sering dan familiar dengan bernama metal detector. Alat ini selain digunakan untuk mencari logam atau benda dengan bahan metal di bawah permukaan tanah yang biasa digunakan oleh arkeolog, sering kali juga digunakan sebagai alat penunjang keamanan pada alat keamanan yang sering dipasang di bandara, hotel atau mall.

Keakuratan dari alat ini sangat tinggi, metal detector bisa mendeteksi benda yang terbuat dari logam meski dalam ukuran kecil. Fungsi alat ini tentu saja untuk menemukan logam dengan geolmbang electromagnet yang dihasilkan mampu mendeteksi benda dari logam atau benda apapun yang dapat mempengaruhi medan magnet.

Metal detector secara garis besar dibagi menjadi 3 jenis, yaitu walkthrough metal detector, handled metal detector dan metal detector hunter. Ketiga alat ini merupakan alat keamanan yang banyak digunakan, namun yang paling sering digunakan untuk keamanan tingkat tinggi adalah walkthrough metal detector dan handled metal detector.

1. Walkthrough Metal Detector

Alat ini berfungsi sebagai pendeteksni metal atau logam. Bentuk alat ini menyerupai bilik dan memiliki sensor untuk mendeteksi. Cara kerjanya adalah ketika objek melewatinya maka sensor akan melakukan scanning dan mendeteksi, jika ditemukan adanya keberadaan logam maka alat ini akan membunyikan alarmnya. Alat ini sangat akurat karena dapat membaca atau melakukan scanning dari ujung kepala sampai ujung kaki dan juga ketika melewatinya semua sisi dari tubuh kita akan discan dengan baik, sehingga akan langsung berekasi ketika ada benda logam seperti senjata tajam atau benda metal lainnya.

2. Handled Metal Detector

Cara kerjanya hampir sama dengan metal detector sebelumya yaitu walkthrough metal detector, perbedaannya adalah pada pengaplikasiannya. Handle metal detector berbrnuk seperti tongkat yang didalamnya berisi sensor untuk mendeteksi logam dan cara kerjanya adalah alat ini harus diarahkan pada objek yang akan diperiksa. Keunggulan handled metal detector ini bisa dibawa kemana mana dan memiliki ukuran yang relative lebih kecil.

3. Metal Detector Hunter

Berbeda dari kedua alat sebelumnya, alat ini tidak digunakan untuk keamanan, namun alat ini memiliki fungsi untuk mencari barang-barang yang terbuat dari logam atau metal yang berada di bawah tanah atau terkubur. Alat ini bentuknya seperti tongkat panjang dan bagian bawahnya terdapat alat yang berfungsi sebagai pendeteksi logam. Umunya alat ini digunakan oleh arkeolog atau tim khusus untuk mencari ranjau.

Di atas adalah penjelasam masing-masing dari berbagai jenis metal detector yang paling umum digunakan beserta dengan funsi dan keunggulannya masing-masing. Metal detector memang sangat penting dengan security activity yang dimana sangat membutuhkan bantuan dari sensor metal detector untuk menunjang keamanan dan keselamatan bersama.