Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Pabrik Berhasil Menghemat Biaya Pengeluaran Air Minum untuk Karyawannya

Editor: Ipin
Pabrik Berhasil Menghemat Biaya Pengeluaran Air Minum untuk Karyawannya
Pabrik Berhasil Menghemat Biaya Pengeluaran Air Minum untuk Karyawannya - Air adalah salah satu kebutuhan sehari-hari manusia yang paling vital. Manusia mungkin tidak makan selama beberapa hari, namun ia sangat membutuhkan air minum agar dapat bertahan hidup. Agar kesehatan kita senantiasa terjaga disarankan agar asupan apapun yang masuk ke mulut kita senantiasa bersih dan steril, termasuk pula air minum. Seperti yang kita tahu, Negara Indonesia terdapat banyak sekali industri didalamnya dengan bayangan 1 industri terdapat ribuan karyawan yang bekerja di pabrik tersebut. Hal tersebut pasti akan berkaitan dengan kebutuhan air minum untuk karyawan yang difasilitasi oleh perusahaan.

Kebutuhan air dalam dunia industri sangat lah besar. Berdasarkan data statistik dari BPS pada tahun 2021, untuk wilayah Banten, DKI Jakarta dan Jawa barat, Perusahaan air menyalurkan sampai 1,145,821 (ribu/m3). Hal ini menunjukan betapa besar penggunaan air di wilayah jabodetabek baik untuk rumah, industri maupun sektor-sektor lain yang menggunakan air untuk melakukan aktifitas mereka. Adapun kegunaan air yang sangat besar tersebut pada sektor industri antara lain untuk pencucian, bahan baku, pendinginan, steam, maupun power plant. Namun, disamping itu fungsi air bagi perusahaan ialah untuk di konsumsi atau untuk diminum.

Suatu industri yang memiliki tenaga kerja hingga ribuan memiliki kebutuhan air minum yang cukup banyak. Sebagai gambaran, pada suatu perusahaan terdapat 1000 tenaga kerja, dan setiap tenaga kerja perhari membutuhkan sekitar 2 liter air untuk diminum. Dengan perhitungan galon yang ada di indonesia yaitu sebesar 19 liter, maka kebutuhan air untuk minum para tenaga kerja ialah kurang lebih 100 galon perhari, dimana harga per galon air minum ialah rata-rata sekitar Rp 10.000. Maka pengeluaran perusahaan untuk 1 hari untuk pembelian galon air minum ialah Rp 1.000.000.

Oleh sebab itu, perusahaan sudah semakin menyadari akan penggunaan biaya yang cukup tinggi untuk pembelian air minum. Saat ini, sudah terdapat alat yang mampu mengubah air bersih yang digunakan untuk kegiatan perusahaan dapat dijadikan untuk air minum layak konsumsi seperti Water Purrifier dan Water Reverse Osmosis. Dengan penggunaan alat tersebut sebagai investasi untuk jangka panjang. Dengan perbandingan air bersih seharga Rp 40. per liter, mampu untuk melakukan penghematan yang cukup masif. Dengan sistem Reverse Osmosis yang memiliki perbandingan 1:3, yang kurang lebih membutuhkan 4 air liter per produksi untuk menghasilkan 1 liter air bersih ya itu sekitar Rp 160,- per 1 liter air bersih layak minum.

Dengan kebutuhan 2000 liter per hari, maka perusahaan hanya mengeluarkan uang untuk penggunaan air minum untuk karyawan ialah sebesar Rp 320.000 per hari, perbandingan yang cukup signifikan untuk penggunaan mesin Water Treatment untuk mengubah air bersih menjadi air layak minum.