Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Pengaruh Polusi Air Terhadap Kesehatan Dan Peran Water Treatment Dalam Mengatasinya

Editor: Rio
Pengaruh Polusi Air Terhadap Kesehatan Dan Peran Water Treatment Dalam MengatasinyaPencemaran air adalah perubahan keadaan waduk seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat ulah manusia. Menurut Peraturan Pemerintah No. 20 Tahun 1990, pencemaran air adalah masuknya atau bercampurnya makhluk hidup, materi, energi atau komponen lain ke dalam air oleh kegiatan manusia yang menurunkan kualitas air sedemikian rupa sehingga air tidak lagi bermanfaat sesuai dengan namanya.

1. Limbah industri: Bahan kimia cair atau padat dari sisa bahan bakar seperti tumpahan minyak dan lemak, kebocoran dari pipa minyak tanah yang tertimbun.

2. Gunakan ruang hijau atau hutan untuk membangun sesuatu.

3. Limbah pertanian.

4. Limbah pengolahan kayu.

5. Nelayan menggunakan bom saat mencari ikan di laut.

6. Rumah tangga (limbah cair seperti bak mandi, WC istirahat, sampah padat seperti plastik, gelas,kaleng, batu batre, sampah cair seperti detergen dan sampah organik, seperti sisa-sisa makanan dan sayuran).

Efek Pencemaran Air :

1. Dampak terhadap organisme air

Jika terlalu banyak polutan dalam air limbah, maka akan mengurangi oksigen terlarut dalam air. Akibatnya, biota air yang membutuhkan oksigen terganggu dan perkembangannya berkurang. Proses pemurnian air alami yang seharusnya terjadi di air limbah juga terhambat karena kematian bakteri.

2. Dampak terhadap kualitas air tanah

Pencemaran air di atas tanah yang terukur oleh fecal coliform telah terjadi secara besar-besaran, terbukti dengan survei sumur dangkal di Jakarta. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kontaminasi ini terjadi.

3. Dampak terhadap kesehatan

Dampak kesehatan dari pencemaran air dapat menyebarkan berbagai penyakit, antara lain:

- Air bertindak sebagai media untuk mikroorganisme patogen hidup.
- Air menjadi tempat berkembang biaknya serangan dan penyebaran penyakit.
- Jumlah air yang tersedia tidak cukup, sehingga manusia yang bersangkutan tak dapat membersihkan diri.
- Air sebagai media hidup vektor penyakit.


4. Dampak terhadap estetika lingkungan

Banyaknya zat organik yang dibuang ke lingkungan perairan maka perairan tersebut semakin tercemar yang ditandai dengan bau yang menyengat dan sebagainya.

Nah semakin berkembangnya zaman dan teknologi maka hadir mesin water treatment untuk melakukan pengolahan pada air yang tercemar sehingga layak di gunakan oleh manusia untuk kebutuhan air bersih sehari-hari.

Dan pemilihan water treatment juga perlu di perhatikan karena banyak product juga yang melakukan penjualan dengan spesifikasi yang tidak sesuai untuk kebutuhannya sehingga walaupun di filter hanya warna saja yang bening namun qualitas air nya tidak standart air bersih sehingga jika di gunakan akan berakibat fatal pada kulit dan sebagainya.

Kami PT.Indotara Persada,menawarkan produk water treatment dengan qualitas yang sudah teruji dan standart pabrikan jadi kami manawarkan produk yang berkualitas bukan abal-abal